Membuat Pupuk Cair Dari Urine Kambing Dan Manfaatnya (Pengalaman Pribadi)


 

Hidup sehat adalah dambaan semua orang. Salah satu cara hidup sehat bisa diperoleh dengan mengkonsumsi makanan yang cukup dan berkualitas. Pangan yang berkualitas dihasilkan dari tanaman yang dihasilkan dengan budidaya yang mantapks.
Kali ini saya akan berbagi tentang pengalaman pribadi pembuatan pupuk cair dari urine kambing dan manfaatnya.



Starter Mikroba Pengurai.

Saya memakai starbio sebenarnya ini untuk campuran pakan, yang khusus untuk kompos sebenarnya stardec. Alasan saya pakai karena murah (12 ribuan), tersedia dikandang, saya pernah pake EM4 tapi saya lebih suka starbio karena mikrobanya lebih beragam. sebelum saya gunakan 10 sendok starbio saya tambah dengan air 20 liter, 1 kg dedak dan 200 gram urea. campuran larutan ini saya peram selama minimal 1 minggu baru digunakan.

Fermentasi Urine Kambing

Urine yang sudah terkumpul saya masukkan dalam jirigen 20 liter. Setelah itu saya tambah dengan larutan starter 0,5-1 liter. Setelah seminggu di peram selama seminggu. Seminggu kemudian pupuk cairsudah dapat digunakan untuk memupuk tanaman.

Dosis Dan Cara Aplikasi

Sekarang ini saya sudah uji coba untuk tanaman pisang, bawang daun, dan cabe. Dari ketiga tanaman yang saya coba menghasilkan hasil yang memuaskan. Untuk pisang saya malah tidak pakai pupuk kimia hanya ditambah pupuk padat dari kambing hasilnya memuaskan.


Untuk cabe pada minggu pertama sebaiknya dincerkan 1:5 = pupuk cair urin : air. Untuk bawang daun bisa murni tanpa diencerkan apalagi musim hujan. Dosis ini  untuk kocor ke akar, tetapi untuk semprot ke daun sebaiknya diencerkan 1:5. Sekarang ini saya mencoba murni tanpa pengenceran untuk cabe umur 1-1,5 bulan dan bawang daun dengan umur hampir sama. Ternyata tanpa pengenceran dalam musim penghujan tidak membuat cabe dan bawang daun mati seperti yang saya khawatirkan. Untuk pisang bisa tanpa pengenceran.

Manfaat Pupuk Cair Dari Urine Kambing

  1. Dapat menyuburkan tanaman. Urine kambing mengandung unsur hara makro dan mikro yang lengkap walaupun prosentasenya rendah. Inilah keunggulan yang tidak akan kita dapatkan pada pupuk buatan an organik.
  2. Dari pengalaman saya, dapat mengusir hama tertentu misalnya ulat potong, jangkrik yang biasa mengganggu pada masa awal pertumbuhan cabe.
  3. Dari pengalaman petani lain, pupuk cair dari urin kambing ini dapat menghindari serangan babi didaerah yang rawan/banyak babi (tanaman jagung dan singkong)

12 komentar:

  1. Wah,,, cakep mas bro...
    makasih infonya.

    BalasHapus
  2. Tanaman tidak disukai hama mungkin karena bau nya ya mas.

    BalasHapus
  3. Kang Supri sedia pupuk organik cair yang udah jadi (siap pakai)?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pupuk organik cair dari urine kambing bisa didapat disini kang.

      https://pupukorganiktopgrow.blogspot.co.id/2017/04/pentingnya-penggunaan-pupuk-organik_19.html

      Hapus
  4. salam kenal mas Supri,
    boleh berkunjung ke peternakan mas Supri di solok?
    saya di Padang,

    BalasHapus
  5. Bgmna proses pengolahan urin kambing hingg jadi pupuk poc?

    BalasHapus
  6. Memang benar-benar bagus POC dari urine kambing,
    Saya pernah memakainya hingga sekarang.

    BalasHapus
  7. Bila kotoran kambing direndam dg air lalu dibuat menyemprot tanaman cabe bagus gak ya...mas

    BalasHapus
  8. Sangat berguna sekali pengalamannya,tetap semangat!

    BalasHapus
  9. mas mau tanya kalo urin kambing murni apakah bisa langsung d aplikasikan..atau harus d campur air kalau d campur dgn air bandinganya berapa ..sya pake teng yg 14 liter..trmksh ...

    BalasHapus
  10. Good,tpi awas urin kambingnya jgn sampe terkena kulit kita,krna bisa baunya tdk mudah hilang..

    BalasHapus
  11. Saya sudah lebih kurang 2 tahun bergelut dalam pembuatan POC dr urin kambing dan saya mau berbagai ke reian rekan....klu ada pertanyaan bisa langsung ke nope saya....oh ya saya ricky dr sumatera barat tepatnya daerah bukittinggi...saya sudah buktikan ke tanaman cabe,daun bawang,bawang merah,terong,sayur sayuran (lobak,kol dsb)...klu mau sharing bs ke nope saya 085263993386

    BalasHapus