Membuat Biogas Plastik

Biaya yang dibutuhkan kurang lebih 200-300 ribu rupiah

 Bahan yang diperlukan : plastik putih tebal, kalo disini adanya 0,2 panjang 7 meter untuk digester dan 3 meter untuk penampung gas. pipa 4 inchi 1 meter dua buah, pipa 1/2 inchi 3 batang (sesuai dengan jarak ke kompor) botol bekas dengan permukaan halus, botol air mineral 1600 cc, sambungan pipa L 4 dan T : 2 buah, stop kran 2 buah, kompor rakitan, tali dari ban dalam

 Langkah pertama buat lubang lebar 60 cm, dalam 50 dan panjang 6 meter
buat lubang keluargasnya dengan drat pipa setengah. gunakan ban dalam dan bekas botol untuk membuat ringnya. kemudian ikatkan pipa 4 inchi dengan plastik untuk membuat lubang masuk dan keluar.  setelah semua ok letakkan dilubang yang telah dibuat. sebaiknya lubang disemen biar aman. sebaiknya pipa masuk dan keluar ini disemen akar kuat. prinsipnya pipa keluar harus lebih rendah dari pada pipa masuk. atur ketinggioan cairan 3/4 dan 1/4 nya ruang untuk gas, caranya dengan menyetel ketinggian pipa keluar.
buat juga  pengaman agar tidak meledak sekaligus sebagai penjebak uap air. selanjutnya silahkan lihat gambar. bila belum jelas silahkan telepon ke no hpku diatas.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar