Berbagi Bersama Petani Tebu Dan Peternak Sapi Pandai Sikek

Assalamu alaikum wrwb, Teman-teman petani peternak Nusantara dimanapun anda berada apa kabar. Semoga selalu semangat dan semakin sukses usahanya, aamiin. 

Kali ini saya akan berbagi tentang pengolahn gula tebu dan pemanfaatan limbah tebu untuk ternak. Pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 5-7 September 2015 kemarin saya diajak teman-teman bagian Humas Bank Indonesia untuk berbagi dalam pelatihan Integrasi Tanaman Tebu dan Ternak Sapi di sentra kerajinan tenun Pandai Sikek, Sumatera Barat.

Dulu keluarga saya adalah petani tebu di Desa Nglayang, Jenangan, Ponorogo, Jawa Timur. Dulu daerah kami terkenal dengan produksi gula jawa tradisional. Waktu itu masih menggunakan penggilingan tradisional menggunakan tenaga sapi dan kerbau. Penghasilan tebu semanis gula tebunya. Dengan penanaman dan pengolahan tebu bisa untuk makan, buat rumah, beli tanah dan sekolah. Berbekal pengalaman inilah saya diminta untuk berbagi tentang budidaya dan pengolahan tebu.

Bisnis tebu semanis rasanya
Tebu memiliki prospek lumayan cerah. Sehektar tebu bisa menghasilkan 14 ton gula merah. Bila gula merah Rp 10.000,- per kg berarti bisa menghasilkan Rp 140 juta dalam setahun. Produksi ini bisa dicapai di Jawa dengan bibit unggul dan pemeliharaan yang bagus. Menurut pengalaman kami

Mesin Penggiling Tebu







Tidak ada komentar:

Posting Komentar