Biogas Permanen Biaya 2 Juta

Biogas salah satu yang menarik bagi saya sejak kuliah, setelah kuliah hingga saat ini terutama biogas dengan biaya murah. Saya ingin mendesain biogas permanen dengan harga murah. Alhamdulillah dari hasil pengamatan dan uji coba saya menemukan konstruksi biogas permanen dengan harga murah dan perawatan mudah.

Konstruksi Biogas
Biogas ini terdiri dari dua bagian yaitu bak terbuka dan penutup sekaligus pengumpul gas. Ukuran Bak terbuka  PxLxT =2x1,3x2 diperkirakan isi penuh biogas 4,6 kubik. diharapkan dapat menghasilkan 1-5 kubik gas perhari. Penutup di buat dari 2 drum 200 liter yang dibelah menjadi dua bagian. 4 bagian drum yang dibelah kemudian di gandeng dan dihubungkan dengan pipa paralon. Proses penyambungan paralon dilakukan dengan hati-hati dan teliti sehingga tidak ada kebocoran.



Uji Coba di 3 Lokasi

Biogas ini dibangun di 3 lokasi dengan dana kantor dan swadaya masyarakat yaitu 1 unit di Jorong Tubo Nagari Sungai Duo, 1 Unit di Abdeling A Kebun Teh Sungai Lambai, dan 1 unit di korong Lekok Sungai lambai.

Biaya 2 Juta harga kompor 20 ribu
Biaya pembuatan 2 juta, kompor saya desain sendiri seharga 20 ribu rupiah

1 Berhasil dan 2 masih dalam perbaikan

Alhamdulillah dari tiga yang sudah terpasang ada 1 unit yang sudah berhasil di  Korong Lekok Sungai Lambai, Solok Selatan dan sudah dipakai selam satu bulan. 2 unit yang lain masih dalam perbaikan karena kebocoran bak dan kebocoran pipa.

1 komentar:

  1. Assalamualaikum pak bisa dibimbing pembuatan biogas pengen rasanya terapkan dikmpung krn banyak ternak sapi

    BalasHapus