Membuat Biogas Plastik Di Kab. Solok

 Assalamu alaikum wrwb. Apa kabar sobat semua? Kali ini saya ingin berbagi tentang pembuatan biogas plastik. Foto-foto ini saya ambil sewaktu pelatihan kelompok tani di Kabupaten Solok Sumatera Barat.
 

Pertama buat lubang dengan ukuran panjang 6 meter, lebar 75 cm dan dalam 35 cm


Bersihkan akar-akar, atau benda tajam yang bisa menembus plastik


Pasang plastiknya, saya menggunakan plastik polyetilen 0,2 ini plastik paling tebal disini.



Ikat ujung plastik dengan pipa 3 inchi 1 meter untuk pipa keluar. saya menggunakan tali dari ban dalam bekas untuk mengikat. sambungkan plasti dengan pipa 1/2 inchi menggunakan soket drat luar (SDD) dan soket drat dalam (SDD). untuk ring nya saya buat dari ban dalam atau selendang ban mobil. maaf fotonya tidak lenggkap. Buat pengaman dengan menggunakan botol bekas yang diisi air buat sambungan T dan masukkan pipa sampai terendam kedasar botol. pasang plastik penampung gas sementara.



Ambil kotoran sapi atau kerbau kemudian tambahkan air kemudian aduk sampai terlarut.


Pasang kompor biogasnya, yang ini menggunakan kompor satu tungku yang dimodifikasi

Alhamdulillah biogasnya sudah berhasil sekarang dan sudah dipakai





1 komentar: