Bagaimana Memulai Usaha Kambing

Bagaimana memulai usaha kambing? Mulai saja. Buat kandangnya, beli kambingnya, bawa ke kandang, kasih makan dan minum trus rawat, mudah kan?

Usaha yang baik adalah usaha yang dimulai, bukan usaha yang terus ditanyakan. Begitu kata Almarhum Bob Sadino ketika ditanya apa usaha yang baik. Menurut saya ini ada benarnya. Pengalaman saya dalam memulai usaha kambing, langsung memulai ituada bagusnya. Mulai saja, kalo takut kerugian besar, kita bisa mulai dari sedikit dulu. Memulai dari sedikit misalnya sepasang kambing itu jauh lebih baik dari pada masih rencana.

Dengan segera memulai usaha kambing, walaupun sedikit kita akan segera tahu apa permasalahan dan kendala-kendala yang muncul dalam usaha kambing. Masalah bisa saja dari mencari bibit, proses pembelian di pasar ternak, pembuatan kandang, penanganan penyakit, pakan, kebersihan kandang, pemberian minum, kebersihan ternak, kesehatan, deteksi birahi, perkawinan,  penanganan kebuntingan, penanganan kelahiran, penanganan anak, menyusukan, penanganan anak setelah sapih, penjualan atau pemasaran.

Setahun kita mulai beternak kambing maka pengalaman diatas sudah kita alami. Ini bisa kita jadikan modal untuk bahan pertimbangan untuk mengembangkan usaha ternak kambing kita. 

1 komentar:

  1. Dan kata bob sadino"jika usaha mengharapkan untung pasti akan menemukan kerugian tapi jika usaha tdk takut rugi pasti akan menemukan untung". Bnr apa kata pk.bob, usaha yg baik itu usaha yg sdg dilakukan drpda cuma mutarmuter cari informasi sprti saya ini..

    BalasHapus