Beternak Kambing Modal Nekad

Sobat semuat kali ini saya akan berbagi tentang pengalaman merintis beternak kambing. Beternak kambing punya prospek yang bagus, perkembangan cepat, anak rata-rata 2, 3 kali beranak dalam 2 tahun, nilai jual susu tinggi, setiap anak muslim lahir perlu akiqah. 

Namun demikian perlu dipersiapkan secara matang agar memang benar-benar menguntungkan. Memang tidak ada salahnya beternak modal nekad, coba-coba namun harus diiringi dengan semangat kuat dan anggaran untuk belajar, dan kesiapan menanggung resiko.

Semangat beternak dengan modal ilmu dari internet dan hitungan dikertas memang tidak ada salahnya, itu awal yang bagus. Hitungan keuntungan diawal beternak kadang begitu memukau, namun kenyataannya kadang tidak seindah yang dibayangkan. Kadang setelah dilapangan banyak hal-hal yang diluar dugaan yang muncul, kendala dan masalah yang ada. Magang dulu sebulan di peternak yang sudah berhasil mungkin akan lebih bagus, untuk mengawali beternak.

Mulailah dari sedikit dahulu misalnya 5-10 ekor pelihara sampai beranak dan anaknya umur 6 bulan. Bila berhasil silahkan kembangkan menjadi lebih besar. Kenapa nunggu anaknya umur 6 bulan? Karena kita telah melewati beberapa fase penting dalam beternak yaitu; masa perkawinan, masa kebuntingan, masa kelahiran, masa laktasi dan masa pemeliharaan anak/cempe. Bila perkawinan sukses, seluruh betina bunting, kebuntingan berjalan normal, kelahiran normal, ambing standar, produksi susu lancar, anak bisa menyusu, sehat, dan sangat sedikit yang mati sampai umur 6 bulan berarti anda berhasil.

Sebelum mengembangkan peternakan menjadi lebih besar, perlu disiapkan sarana dan prasarana pendukung. Lahan, kandang, ketersediaan hijauan dan pakan konsentrat, dan tenaga kerja serta modal harus kita siapkan. Ketersediaan bibit yang sesuai tujuan peternakan kita juga perlu dipertimbangkan. Akses pemasaran juga harus kita persiapkan, bila belum ada, maka harus dirintis agar bila sudah berproduksi ada yang menampung, konsumen yang siap membeli.

Ketika sudah berjalan, jangan malu untuk terus belajar, dan berkonsultasi dengan senior, dokter hewan dan teman sesama peternak. Rajin bersilaturahim dengan peternak, berbagi pengalaman sangat penting dalam kesuksesan beternak. Bergabung dengan group peternak di facebook dan media sosial lainnya juga sangat membantu, kadang hal-hal baru dalam beternak kambing kita dapatkan dari media sosial itu.

Demikian, semoga peternakan anda sukses, memperoleh hasil yang melimpah dan berkah, aamiin

1 komentar:

  1. Amiin... Dan apakah pk.supri menerima orang yg mau belajar peternakn..? Jika "ia" tolong balas komen saya ini atau kirim ke email saya#ayman6587@gmail.com

    BalasHapus