Penggemukan, Pembibitan, Kambing Perah Pilih Mana?

Bagi peternak yang akan mulai usaha peternakan kambing atau domba biasanya pertanyaan diatas membuat galau. Mau pilih mana. Menurut pengalaman saya hal berikut ini bisa dijadikan bahan pertimbangan untuk menentukan pilihan.

1. Pasar
 Pasar menurut saya adalah pertimbangan utama. Siapa yang akan membeli, dimana tempatnya, bagaimana sistemnya, jogrok atau timbang, tunai atau kredit, berapa kebutuhannya berapa ekor, kg, liter. Kalo pasarnya jelas ini lebih mudah untuk menetukan pilihan. Misalnya pasar yang ada kambing potong, atau susu kambing atau amak kambing. Bila ada pengepul kambing potong kita bisa penggemukan, kalo ada konsumen susu bisa beternak kambing perah, bila banyak yang butuh banyak bakalan untuk bibit dan bakalan penggemukan kita bisa usaha pembibitan. Hanya kita tinggal hitung untung ruginya.

2. Modal
Berapa modal yang ada, berapa investor yang bisa digaet,lama perputaran modal juga bisa dijadikan pertimbangan memilih usaha. setiap jenis dan skala usaha membutuhkan modal berbeda. Berapa ekor yang akan kita usahakan, jenis kambingnya apa, kandangnya, berapa tenaga kerja, pakannya beli atau tanam, berapa lama dapat menghasilkan. Sesuaikan modal kita dengan pilihan usaha yang akan diusahakan. Bila modal terbatas bagusnya dimulai dari sedikit dulu, setelah setahun, usaha mulai kelihatan untung dan berjalan baru ditingkatkan atau kita cari investor.

3. Tenaga Kerja
Berapa kebutuhan tenaga kerja, berapa gajinya, keahliannya, punya pengalaman  belum? Ini adalah salah satu hal yang penting. Sebagus apapapun rencana kita diatas kertas bila tenaga bermasalah pasti hancur juga. Untuk penggemukan yang penting ada tenaga yang bisa mencari dan memberikan pakan serta membersihkan kandang, tinggal meramu pakannya saja. Tapi bila kita memilih pembibitan maka pelu tenaga yang ahli dalam mendeteksi birahi, merawat anak yang baru lahir, memelihara cempe/anak kambing. Untuk Kambing kita perlu tenaga yang ahli dalam mendeteksi birahi, merawat anak yang baru lahir, memelihara cempe/anak kambing dan tentunya memerah.

Pakan
Ketersediaan pakan yang ada dilokasi juga sangat penting untuk dijadikan pertimbangan. Kontinyuitas/keberlangsungan pakan juga perlu dijadikan pertimbangan. Jumlah Pakan, harga, kualitas pakan yang tersedia juga perlu diperhatikan untuk menetukan jenis usaha.

Kandang

Model kandang, model lantai kandang, kandang yang tersedia sekarang juga perlu diperhatikan. Untuk kandang penggemukan kita bisa pakai kandang koloni atau individu. Untuk Pembibitan dan perah kita perlu kandang induk kandang anak dan tempat untuk perah.

Bagaimana kalai campuran ketiganya penggemukan, pembibitan sekaligus perah?

Menurut saya tidak ada salahnya. Dengan melakukan pembibitan tetap saja ada anak yang bisa digemukkan dan induknya bisa diperah. Bila nanti sudah mulai berkembang bisa dipilih mana yang lebih menguntungkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar