CARA KELUAR DARI HUTANG RIBA

Bismillahirrahmanirrahiim.
Assalamu’alaikum Aisyah!
Kali ini topik kita adalah tentang HUTANG RIBA. Saya akan memulai dari cerita saya sendiri.
Mungkin saya bukan ahli dalam bidang ini. Namun semoga ada yang dapat mengambil manfaat dari pengalaman yang alhamdulillah sudah terlewati.
Adakah disini yang memiliki hutang ke bank? Lalu kemudian lelah untuk terus bekerja yang akhirnya akan disetorkan untuk membayar cicilan? Dan yang terparah adalah kok ternyata saya bayar hanya bunganya saja? Pokoknya tetep segitu-segitu aja?
Alhamdulillah saya pernah, tepatnya adalah keluarga saya. Yang akhirnya saya  harus ikut-ikutan merasakan pahitnya akibat dari hutang tersebut. Bukannya bermaksud untuk membuka aib keluarga, namun sekali lagi, semoga ada yang dapat mengambil manfaatnya. Dan segera TINGGALKAN HUTANG RIBA SEKARANG JUGA, karena ini benar-benar bahaya.
Sebagaimana bahayanya? Semoga teman-teman belum mengalami sampai seperti cerita dibawah ini.
———————————————————————————————————————————
Beberapa tahun yang lalu, sekitar tahun 2005. Saat itu saya masih SMP. Ayah saya meninggal saat saya berusia 3 tahun, berarti sudah sekitar 10 tahun ummuku menjalankan perusahaan kayu peninggalan ayah. Alhamdulillah usaha tersebut cukup maju.  Sehingga berdatanganlah para marketing bank untuk menawarkan pinjaman dengan iming-iming memperbesar scaleperusahaan. Beberapa kali ditawari, akhirnya ummuku tergoda untuk mengambil penawaran tersebut dalam jumlah yang cukup besar. Disini awal mula semuanya berubah.
Oke, tadi logikanya untuk “Memperbesar scale Perusahaan” ya. Namun kemudian apa yang terjadi? Dalam waktu 8 tahun, perlahan tapi pasti. Hutang tersebut berhasil menarik semua aset hingga akhirnya gulung tikar sepenuhnya. Berawal dari satu persatu cabang ditutup, mesin-mesin dijual, mobil dijual dan yang terakhir perusahaan pusat resmi gulung tikar pada tahun 2013 dan hutang masih segitu-segitu aja. Sedih T,T
Adakah yang mengherankan disini? Mungkin secara logika, “yah itu mah nggak bener aja jalanin usahanya” Mungkin bisa saja seperti itu. Tapi kenyataanya. Usaha memang lancar saja pada awalnya. Sangat sibuk dalam beberapa tahun. Namun selalu ada saja hal atau musibah yang menyebabkan kita harus mengeluarkan uang dalam jumlah yang besar melebihi dari apa yang kita hasilkan. Setiap tahun. Hingga akhirnya ummuku berfikir “Neng usaha teh besar. Tapi kenapa yang kebutuhan kita sulit untuk tercukupi.”
Belakangan ini, saya baru tahu ternyata itu adalah akibat dari ketidakberkahan suatu usaha. Penghasilan besar, usaha sibuk dan melelahkan, tapi seakan ada kekuatan yang besar, yang tidak mengizikan kita untuk menikmati hasil usaha tersebut.
2013 kami tidak dapat mempertahankan perusahaan, hutang membumbung dan tidak ada penghasilan sama sekali. Bayangkan saja. Sampai akhirnya kami kelelahan. Disitulah titik dimana kami banyak belajar.  Hingga saat ini saya tak henti-hentinya bersyukur diberikan pengalaman berharga ini.
2 tahun ini adalah proses yang cukup berat. Awalnya gali lobang tutup lobang untuk menutupi hutang yang satu dengan hutang yang lain. Tapi saat itu kami lakukan. Hutang malah jadi semakin besar dan masalah tidak selesai. Orang-orang berubah. Hingga Ummuku merasakan yang namanya tidak dipercayai orang lagi. Karena kami benar-benar seringkali tidak dapat membayar hutang sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.
Dan memang dikatakan dalam Hadist Bukhari no.2397. Rasulullah bersabda “Orang yang berhutang memiliki 3 penyakit, yaitu: Jika berkata dia seringkali berdusta, Jika dipercaya dia seringkali mengkhianati dan jika berjanji dia seringkali mengingkari.” Ini bukan hanya sekedar hadist. Tapi memang begitu. Allah tidak memampukan orang yang berhutang dan mengandalkan hutang hingga efeknya penyakit itu benar-benar terjadi. Serem yah T,T.
Saat seperti inilah. Yang membuat kami tersungkur. Mengakui tiada daya dan upaya yang dapat kami lakukan selain dari adanya pertolongan Allah. Tak ada lagi yang dapat kami usahakan. Akhirnya kamipun PASRAH. Menyerahkan semuanya pada Allah dan BERTAUBAT. Lalu bertekad tidak akan berhutang lagi. Sekalipun dalam kondisi terjepit.
Saat itu kami berhenti untuk berhutang dalam kondisi apapun dan berusaha keras untuk bertahan hidup dengan apapun yang Allah berikan. Serta berkeinginan kuat untuk melunasi hutang dengan mengeluarkan apapun yang kami miliki. Walaupun itu adalah rumah tinggal satu-satunya peninggalan ayah.
Namun, menjual rumah tidak semudah menjual permen. Selama proses penjualan, Keputuasan kami ini benar-benar diuji dengan kesusahan. Saat penagih-penagih itu datang. Kami meminta maaf karena belum ada uang untuk membayar. Kami terima semua respon yang datang. Kami telan semua kata-kata dan kekecewaan. Kami sadar, itu harga yang harus kami bayar karena ulah kami sendiri. Kami telah lalai dari menjaga keberkahan harta. Allah telah memberikan rezeki yang baik. Tapi kami merusaknya dengan keserakahan dan khayalan akan kesuksesan yang lebih besar. Padahal semua rezeki Allah yang mengatur. Allah yang punya. Saat Allah ga ridho. Mudah sekali untuknya mengambil semuanya tak tersisa. Bahkan tubuh ini dan apapun yang kami anggap milik kami hanyalah titipan. Seringkali logika membuat kita bodoh. Padahal jika kita berfikir dengan nurani. Sungguh semua aturan dalam islam yang telah ditetapkan adalah solusi dari semua persoalan hidup. Jika kita benar-benar menaatinya. Tak akan ada masalah kecuali itu adalah ujian untuk menaikan level diri. 
Setelah bertaubat dan bertekad kuat itu. Justru Allah mencukupkan kami dalam hal apapun kecuali untuk pembayaran hutang itu. Untuk kebutuhan dan segala macamnya Allah penuhi melalui perantara banyak hal yang justru membuat kami merasa unlimited. Setiap butuh, Allah kasih, setiap butuh Allah kasih. Kecuali saat pembayaran hutang. Itu yang membuat kami terus menjerit setiap malam.
“Allahumma inni a’udzu bika minal ma’tsami wal maghrom”
(Ya Allah lindungi kami dari berbuat dosa dan banyak hutang).
Kami takut saat kami meninggal, kami masih mempunyai hutang. Karena hutang adalah salah satu dosa yang terbawa hingga mati dan jika tidak terbayar di dunia. akan sangat berabe di akhirat. Saat itu, tak ada keinginan apapun kecuali terbayarnya hutang tersebut.
Hingga akhirnya beberapa bulan yang lalu. Allah benar-benar memperlihatkan pertolongannya. Hutang terlunasi semua Alhamdulillah dan Allah menitipkan rezeki yang lebih dari cukup untuk kita memulai semuanya lagi dari awal.
____________________________________________________________________________
Hal ini kami lakukan karena kebodohan kami. Yang tidak mengetahui betapa hutang riba sangatlah berbahaya. Membuat gelisah dan dijauhkan dari kecukupan dan keberkahan. Kami merasakan itu selama 9 tahun tapi ga sadar dan sangat terasa perbedaannya seketika setelah kami bertaubat.
Maka jika ada pengusaha yang bilang “Kalau belum berhutang bukan pengusaha namanya”. Jangan percaya. Bagaimana bisa maju? belum mulai usaha saja, caranya sudah salah. Yang maju saja, mudah bagi Allah untuk menjungkir balikkan. Apalagi yang baru mau mulai. hihii” Yakinlah bahwa kenikmatan terbesar seorang manusia adalah ketenangan. Ketenangan dan kebahagiaan didapat dari keberkahan. Keberkahan didapat dari Ridho-Nya Allah terhadap apa yang kita lakukan.
Hidup pas-pasan lebih  baik dari pada bergelimang harta namun dari hasil riba.
Jika ada seseorang yang terlihat sukses dari hasil riba. Takutlah. Takutlah ketika Allah membiarkan kita dalam perbuatan dosa. Tidak ditegur, tidak diingatkan. Sampai akhirnya tutup usia kita. Kita tidak menyadari kalau kita berdosa. Naudzubillah.
Saya share ini karena melihat fenomena saat ini yang sepertinya hutang riba adalah hal yang biasa saja.  Seperti kartu kredit, KPR, leasing kendaraan dan lain-lainnya. Wallahu’alam.
Maka, jika ada seseorang yang sedang berhadapan dengan riba (hutang/kredit). Sebaiknya keluarkan semua hal yang kita miliki untuk menutupinya. InsyaAllah rezeki Allah lebih baik dari hal yang kita ketahui. Sebelum Allah menutup pintu hati kita dan menjebak kita dalam hutang yang tak dapat kita lunasi. Karena sesungguhnya Allahlah yang melunasi hutang tersebut karena melihat niat kita.
Jika hutang dibayar dengan hutang lagi. Dimana letak niat itu?
Yang sudah terjerat hutang, jangan berputus asa dari Rahmat Allah. Allah Maha Pengampun. Resapi hadist ini. “Jika seorang muslim memiliki hutang dan Allah mengetahui bahwa dia berniat untuk melunasi hutang tersebut, maka Allah akan memudahkan baginya untuk melunasi hutang tersebut di dunia.” (HR. Ibnu Majah no. 2399)
Kesimpulannya. Jika kita terjebak dengan hutang riba dan ingin keluar darinya. Usaha yang dapat kita lakukan adalah:
  1. BERTAUBAT dan berjanji tidak akan mengulanginya lagi.
  2. KUATKAN NIAT dan maksimalkan ikhtiar untuk membayarnya dengan usaha apapun yang kita bisa.
  3. Tinggalakan atau keluarkan barang yang diperoleh dari hasil meriba.
  4. BERSERAH pada Allah. Meminta Allah membantu kita dan percayalah kita tak bisa melakukan apapun kecuali atas Ridho Allah. Maka berusahalah sebaik mungkin dihadapan Allah untuk melunasi hutang tersebut. Allah akan melihat dan Allah yang akan memudahkan.
  5. Bersedekah semampu kita.
  6. Berdo’a dan mintalah Allah melunasi di waktu yang tepat. Ketika Allah benar-benar sudah memaafkan dosa kita.
Pengalaman yang berat. Namun saya bersyukur karena Allah masih menegur saya hingga saya dapat berfikir dan kembali pada-Nya. Serem juga, jika saya riba lalu Allah membiarkan saya. Tidak menegur bahkan menambah rezeki saya dari hasi riba tersebut yang akhirnya saya sulit untuk terlepas darinya. Na’udzubillah mindzalik.
Bukan banyaknya harta yang membuat kita bahagia. Namun keberkahannyalah yang seharusnya kita cari. Karena darisitu kebahagiaan bermulai.
Jika ada yang tidak setuju dengan tulisan ini, saya mohon maaf, Karena tulisan ini ditulis dari hasil pemikiran yang dangkal dan mungkin tak berlogika. Namun bagi yang percaya. Silahkan buktikan. Percayalah usaha terbesar kita, tak akan sekuat izin Allah dalam mengabulkan doa yang tulus dengan niat yang lurus karena Takut kepada Allah dan  mengingikan ridho Allah.  Wallahu’alam.
Semoga bermanfaat.

16 komentar:

  1. Jazakallah. Keren artikelnya. Mudah2an kita semua terbebas dari riba. Aamiin..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
    2. Ass. Perkenankan saya untuk memohon maaf sebesar - besarnya jika apa yang saya ceritakan nantinya akan membuat anda tersinggung, sebelumnya perkenalkan nama saya Herlina Parawati, saya berasal dari Deli Serdang, saya seorang istri dari ibu 4 orang anak. Awalnya kehidupan keluarga saya sangatlah bahagia. Walaupun penghasilan suami saya hanya mampu mencukupi kebutuhan sehari - hari keluarga kami, saya sangatlah bersyukur dan tak lama kemudian alhamdulillah suami saya diberikan kenaikan jabatan oleh atasannya, kehidupan kami mulai menanjak naik dan kami berpikir untuk membuka usaha. Singkat cerita sekali lagi saya sangat bersyukur sebab usaha ayam bakar yang kami buat sangat laris sehingga mendatangkan keuntungan besar bagi kami sekeluarga. Untuk memperbesar usaha kami, saya dan suami akhirnya memberanikan diri untuk meminjam uang di bank,setelah itu saya mendirikan cabang warung ayam bakar saya di berbagai daerah di Indonesia. Dengan jumlah karyawan kurang lebih 150 orang. Semula perkembangan usaha kami cukup baik, namun setelah setahun kemudian usaha kami mulai meredup dan cabang cabang warung ayam bakar kami mulai tutup satu per satu. Akhirnya usaha kami bangkrut dan menyisakan utang bank yang sangat besar bagi kami sekeluarga. Habis Jatuh Tertimpa Tangga pula suami saya dipecat dan dipenjarakan akibat dituduh menggelapkan uang perusahaan. Akhirnya semua hutang bank dan biaya hidup saya tanggung sendiri membesarkan empat orang anak tanpa suami saya merupakan cobaan yang sangat berat bagi kehidupan saya. saya stres dan hampir memutuskan kejalan yag salah dengan mengakhiri hidup saya sendiri, dalam keterpurukan hidup saya, secara tidak sengaja saya membuka salah satu blog kesaksian dan membaca kolom komentar seseorang yg punya nasib yang sama dengan saya. Dalam komentarnya dia mengarahkan saya untuk menghubungi seorang guru yakni Kyai H. Achmad Mubarak yang membantunya keluar dari masalahnya. Saya mencoba menghubungi pak kyai dan alhamdulillah beliau bersedia membantu saya. Masyaallah berkat bantuan beliau akhirnya semua utang saya lunas dan saya mampu mendirikan usaha kembali , walhasil sekarang saya sudah memiliki aset dimana mana dan memiliki perusahaan yang mengeskpor hasil laut keluar negeri, Semua ini terjadi berkat Allah SWT lewat uluran tangan pak Kyai H. Achmad Mubarak yang begitu tulus dan baik dalam mengarahkan saya keluar dari masalah utang saya. Sebagai wujud Ungkapan rasa syukur dan terima kasih saya, saya akan memberikan nomor beliau kepada anda yang membaca cerita saya ini, jika saudara saudari memiliki masalah seperti saya silahkan hubungi beliau di nomor 0821 2545 0758. Semoga bermanfaat dan semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT. Amin yaa rabbal alamin. Allahu Akbar.



























































































































































































      Hapus
    3. KABAR BAIK!!!

      Nama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

      Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.

      Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.

      Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

      Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan

      Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

      Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com

      Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.

      Sepatah kata cukup untuk orang bijak.

      Hapus
    4. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

      Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

      Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

      Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

      Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

      Hapus
  2. trima kasih sdh berbagi pengalaman,alhamdullilah allah tlah memberikan hidayah, mohon doa nya saat ini sy proses pembersihan dari semua yg berkaitan dgn riba, berat memang tapi sy yakin allah akan membantu hambanya yg memohon ampunan dan berharap belas kasihnya agar terlepas dari lilitan hutang, semoga allah memberi kekuatan dan kesabaran yg lebih.

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah ini pencerahan buat saya sekaligus pembelajaran

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah .. semoga saya pun seperti itu sekarang saya pun mengalami hutang riba mungkin salah saya dan suatu kebodohan saya karena ikut ikutan temen yang sering berhutang dan saya sangat menyesali sekali .. doakan saya semoga Allah memberikan jalan keluar.. dan Alhamdulillah 1 per 1 hutang riba saya terlunasi .. dan saya sangat shock sekali karena seumur hidup saya mengalami masalah perhutangan yg sangat besar menurut saya .. terima kasih artikel nya .. semoga Allah dapat menolong saya secepatnya aamiin

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  6. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

    Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan

    Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com

    Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.

    Sepatah kata cukup untuk orang bijak.

    BalasHapus
  7. Saya Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan Tuhan yang baik dalam hidup saya untuk orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata itu, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara.
    Apakah mereka mencari pinjaman di antara Anda? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan kredit palsu di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6 kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

    Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan seorang teman saya yang saya jelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya kepada perusahaan pinjaman yang dapat diandalkan yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapatkan pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM pada tingkat rendah 2% dalam 24 jam yang saya terapkan tanpa tekanan atau stres. Jika Anda membutuhkan pinjaman, Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)

    Jika Anda memerlukan bantuan dalam proses pinjaman, Anda dapat menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka, Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah membayar pembayaran cicilan bulanan seperti yang disepakati dengan perusahaan pinjaman.

    Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya baik Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

    BalasHapus
  8. Selamat siang pak / nyonya

    Kami menyambut Anda ke PERUSAHAAN PINJAMAN ELIZEBETH ISAAC, di mana kami memberikan pinjaman asli dan serius seperti:



    LAYANAN PINJAMAN TERSEDIA TERMASUK:
    ================================
    * Pinjaman Komersial.
    * Pinjaman pribadi.
    * Pinjaman Bisnis.
    * Pinjaman Investasi.
    * Pinjaman Pembangunan.
    * Pinjaman Akuisisi.
    * Pinjaman konstruksi.
    * Pinjaman Kartu Kredit
    * Pinjaman Konsolidasi Utang
    * Pinjaman bisnis dan lainnya:

    Kami memberikan pinjaman bunga 2% tanpa agunan, sehingga kami dapat mengatakan bahwa kami memberikan PINJAMAN TANPA Agunan, Anda tidak perlu merasa buruk atau kecewa dengan bank yang meminta agunan, cukup hubungi kami dengan mengirim email kepada kami di:

    elizebethisaac@gmail.com

    Terima kasih

    kami menunggu untuk mendengar dari Anda segera

    BalasHapus
  9. Nama saya Aditya Aulia saya mengalami trauma keuangan karena saya ditipu dan ditipu oleh banyak perusahaan pinjaman online dan saya pikir tidak ada yang baik bisa keluar dari transaksi online tapi semua keraguan saya segera dibawa untuk beristirahat saat teman saya mengenalkan saya. untuk Ibu pada awalnya saya pikir itu masih akan menjadi permainan bore yang sama saya harus memaksa diri untuk mengikuti semua proses karena mereka sampai pada kejutan terbesar saya setelah memenuhi semua persyaratan karena permintaan oleh proses saya bisa mendapatkan pinjaman sebesar 350jt di rekening Bank Central Asia (BCA) saya saat saya waspada di telepon saya, saya tidak pernah mempercayainya, agaknya saya bergegas ke Bank untuk memastikan bahwa memang benar ibu kontak sekarang mengalami terobosan pemanasan jantung dalam kehidupan finansial Anda melalui apakah itu BBM INVITE-nya: {D8980E0B} atau apakah kamu ingin mengkonfirmasi dari saya? Anda bisa menghubungi saya melalui surat saya: {aditya.aulia139@gmail.com} dan juga Anda bisa menghubungi perusahaan ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY (ISKANDAR LENDERS) via: {mail:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}

    e_mail:::[aditya.aulia139@gmail.com]
    [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]
    WhatsApp:::[+44] 7480 729811[Chats Only]
    Telephone Number☎[+44] 7480 729811[Calls Only]
    BBM INVITE:::[D8980E0B]

    BalasHapus
  10. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus