Peternakan Kelinci Kabupaten Solok

Kelinci hewan lucu ini ternyata juga memiliki prospek bagus untuk diusahakan. Di Solok, kelinci sudah dikembangkan di beberapa tempat antara lain di kecamatan Lembang Jaya, Kecamatan Lembah Gumanti dan Kecamatan Gunung Talang.

Kelinci sangat cepat berproduksi, pada umur 5-6 bulan sudah bisa dikawinkan, bunting selama sebulan. Satu induk bisa menghasilkan anak kelinci 4-12 ekor per kelahiran, rata-rata 4-6 ekor per kelahiran. Dalam setahun biasanya kelinci dapat beranak 4-6 kali beranak. Setelah anak umur sebulan induk kembali dikawinkan. Biasanya peternak langsung menjual anak kelinci umur sebulan.

Produksi kelinci dari Kabupaten Solok dipasarkan di Solok, Padang, Bukit Tinggi juga diluar Propinsi Sumatera Barat. Harga kelinci umur sebulan dipasarkan dengan harga Rp. 35.000,- sampai dengan Rp. 100.000,- rupiah per ekor tergantung jenisnya. Harga induk Rp 100.000,- Rp 600.000,- tergantung jenisnya.

Memelihara 25 ekor kelinci bila dikelola dengan baik bisa menghasilkan setara dengan gaji UMR Kabupaten. Cukup menarik bukan.

1 komentar: