Pilihan Komoditi Untuk Memakmurkan Bumi.

Pemilihan komoditi menjadi penentu keberhasilan dalam memakmurkan bumi. Alqur'an menyebutkan beberapa komoditi pertanian yang bisa jadi petunjuk dalam memilih komoditi dalam memakmurkan bumi.

Pilih komoditi dengan nilai tinggi.

Buah buahan paling banyak disebut dalam Alqur'an. Kurma, zaitun, anggur, tin, pisang, dll disebutkan khusus dalam Alqur'an. Komoditi yang disebut dalam Alqur'an memiliki nilai tinggi. Bila kita bandingkan dengan padi maka nilai jualnya jauh lebih tinggi. Hal ini bisa kita jadikan petunjuk dalam memilih komoditi yang akan kita tanam dan kembangkan.

Selain nilai jual yang lebih tinggi, buah buahan juga memiliki kelebihan lainya. Buah buahan memiliki umur yang panjang, sehingga sekali tanam bisa panen terus menerus. Buah juga dapat dimakan tanpa dimasak terlebih dahulu.

Biji-bijian secara umum dan gandum secara khusus disebutkan dalam Alqur'an. Biji-bijian jadi makanan utama manusia. Biji-bijian dibahas khusus di Alqur'an. Bahkan di surat Yusuf dibahas swasembada pangan selama 14 tahun, dari mulai penanaman, penyimpanan, penggunaan/ konsumsi, dan pembibitan.

Tumpang sari

Selain disebutkan sendiri beberapa tanaman juga disebutkan berdampingan, bahkan ada contoh dua kebun anggur yang dikelilingi kurma. Tumpang sari dari dua jenis tanaman atau lebih akan memberikan hasil lebih banyak dan panen beberapa kali dalam setahun. Dengan tumpang sari petani dapat panen mingguan, bulanan dan tahunan sesuai dengan komoditinya.

Dengan pemilihan komoditi yang tepat,  bernilai tinggi, paduan tumpang sari yang tepat bisa menghasilkan hasil yang maksimal.

Semoga bermanfaat, sampai jumpa di tulisan selanjutnya Insya Allah

1 komentar:

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ajoqq^^com
    mau dapat penghasil4n dengan cara lebih mudah....
    mari segera bergabung dengan kami.....
    di ajoqq^^com...
    segera di add Whatshapp : +855969190856

    BalasHapus