Makmurkan Bumi, Makmurkan Negeri, Makmurkan Diri, Raih Ridho Ilahi

Bumi merupakan karunia besar dari Allah SWT kepada manusia untuk mencukupi semua kebutuhannya. Memakmurkan bumi adalah salah satu tugas manusia di bumi, dan manusia dilarang membuat kerusakan di bumi.

Memakmurkan bumi dengan mengelolanya dengan baik sehingga manusia bisa makmur tercukupi kebutuhannya. Salah satu upaya memakmurkan bumi adalah dengan menanaminya dengan tanaman yang vermanfaat bagi manusia.

Al Qur'an sebagai petunjuk bagi orang yang beriman sudah  menberikan petunjuk untuk memakmurkan bumi dengan menanam dan beternak. Banyak ayat-ayat yang membahas tentang pertanian dan peternakan.

Dari sekian banyak jenis tanaman yang disebutkan di Alqur'an jenis buah-buahan paling banyak disebutkan dalam Alqur'an. Bahkan di Surga salah satu isinya adalah buah buahan. Ini pelajaran penting bagi kita untuk memprioritaskan buah dari pada tanaman lainnya. Buah buahan mempinyai kelebihan tersenduri dari tanaman lain. Buah bisa langsung dimakan setelah dipetik tanpa di masak. Beberapa tanaman buah yang disebutkan dalam Alqur'an memiliki umur yang panjang, sehingga sekali tanam bisa panen terus menerus. Dari segi pemeliharaan tanaaan buah lebih mudah dan lebih murah. Hasil buah lebih banyak dan nilai jual buah juga lebih mahal dari pada hasil tanaman lain.

Memilih komoditas buah sesuai dengan petunjuk Alqur'an adalah langkah awal untuk memakmurkan bumi. Dengan mengikuti petunjuk Alqur'an kita akan lebih mudah dalam memakmurkan bumi. Dengan memakmurkan bumi kita bisa memakmurkan negeri, mensejahterakan anak negeri, memakmurkan diri, dan meraih ridho Ilahi.

Semoga bermanfaat, sampai jumpa ditulisan selanjutnya, Insya Allah.

1 komentar:

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ajoqq^^com
    mau dapat penghasil4n dengan cara lebih mudah....
    mari segera bergabung dengan kami.....
    di ajoqq^^com...
    segera di add Whatshapp : +855969190856

    BalasHapus