Makanan Sehat Berkhasiat

Makanan

Manfaat Makanan Sehat untuk Menuju Hidup Sehat

Dalam menciptakan generasi sehat yang mempunyai kualitas terbaik, makanan sehat menjadi poin penting yang harus diperhatikan untuk diberikan pada setiap manusia. Dengan makanan sehat, manusia diharapkan dapat menciptakan karya terbaiknya melalui pengoptimalan produktifitas dari aktivitas mereka. Dalam pemenuhan kebutuhan gizi bagi tubuh, makanan tidak selalu harus mahal karena esensi makanan sehat tidak bisa dilihat semata dari mahal tidaknya sebuah makanan tersebut.
Lebih dari itu, makanan yang layak dikonsumsi manusia adalah makanan yang mampu memenuhi asupan gizi yang dibutuhkan tubuh serta umumnya justru terbuat dari bahan makanan alami dan tidak tercampur dan melibatkan proses kimia. Kebutuhan tubuh sendiri ini biasanya meliputi empat sehat lima sempurna yang meliputi karbohidrat, protein, mineral, vitamin, dan susu. Jika manusia telah mendapatkan kandungan gizi tersebut, mereka bisa disebut telah mendapatkan makanan sehat.
Jika manusia kekurangan makanan sehat, beberapa kejadian mungkin dapat terjadi, mulai dari penyakit kekurangan gizi hingga penurunan daya fokus menjadi ancaman. Ketika tubuh manusia tidak mendapatkan asupan yang cukup padahal mereka telah bekerja keras selama aktivitasnya, hal ini dapat menurunan daya tahan tubuh sehingga mereka pun mudah jatuh sakit. Ketika sakit, satu-satu hal yang harus diperhatikan adalah memakan makanan bergizi serta beristirahat cukup untuk mengembalikan stamina tubuh. Kekurangan makanan sehat juga menyebabkan anak menjadi menurun daya fokusnya. Ketika mengalami hal ini, anak menjadi tidak bisa berkonsentrasi lebih lama saat belajar atau beraktivitas lainnya. Masalah lain dapat saja terjadi jika saja prestasi belajar menurun sehingga mempengaruhi kecerdasan otak dan menjadikan mereka tidak bersemangat dalam mengikuti aktivitas fisik. Profesionalitas yang buruk kemungkinan juga menimpa orang dewasa yang tidak mampu mencukupi kebutuhan tubuh mereka yang dapat berdampak besar bagi hilangnya kepercayaan dari rekan kerja mereka.
Untuk mencegah kejadian buruk tersebut menimpa Anda, beberapa hal dapat dilakukan. Salah satunya adalah dengan menjadikan makanan sehat sebagai makanan rutin dan menemani aktivitas Anda sehari-hari. Beberapa bahan makanan sehat terkadang rasanya tidak selezat makanan yang banyak mengandung bahan kimia. Hal inilah yang membuat banyak orang merasa malas untuk mengkonsumsi makanan sehat. Oleh karenanya, Anda dapat menyiasati dengan memuat menu kreatif dari bahan makanan sehat. Saat ini banyak resep dan ahli kesehatan gizi yang membagikan trik untuk membuat menu makanan sehat sehingga memungkinkan Anda untuk membuatnya bagi keluarga tercinta di rumah. Meskipun Anda memahami tubuh membutuhkan asupan gizi, pastikan Anda memberinya dengan cukup, jangan berlebih. Sesuatu yang berlebih tentunya juga tidak baik, terlebih bagi pasien yang mungkin memiliki riwayat khusus. Sebagai contoh, untuk memenuhi kebutuhan protein, seseorang membutuhkan telur dan daging, namun mengingat dia memiliki riwayat kolesterol tinggi, jagalah menunya agar tidak mengkonsumsi protein dalam jumlah berlebih yang nantinya justru akan membahayakan kesehatannya.
Perkembangan tubuh yang sehat akan dirasakan bagi mereka yang bisa memenuhi asupan gizi sesuai kebutuhan. Terhindar dari sakit juga merupakan keuntungan dari konsumsi makanan bergizi sehingga pengeluaran untuk biaya pengobatan pun bisa ditekan. Mampu menghemat juga keunggulan tersendiri saat ini. Untuk itu, makanan sehat menjadi sesuatu yang mutlak untuk dipenuhi bagi semua orang.

Bentuklah Pola Makan Sehat untuk Anak

Anak perlu variasi nutrisi dengan porsi tertentu sesuai pedoman gizi untuk menunjang tahap tumbuh kembangnya. Pola makan anak harus sudah dibentuk sejak dini (selain nutrisi dalam menu makannya).
Apa yang sudah atau akan dimakan oleh balita itu bergantung apa yang telah disajikan oleh orang tuanya. Biasakan sejak kecil anak harus diperkenalkan dengan ikan dan sayuran, karena jika tidak diperkenalkan, akan membuat anak tersebut susah menyukai makanan sehat saat ia dewasa.
“Orangtua punya peran penting untuk memberi contoh makanan bergizi cukup dan seimbang karena kebiasaan keluarga akan memengaruhi pola makan anak,” kata dr.Fiastuti Witjaksono, Sp.GK, ahli gizi dari Semanggi Klinik Jakarta.
Pola makan sehat bagi anak harus sejak dini dibentuk dan memerlukan proses panjang & keuletan orangtua. “Ibu harus kreatif dalam mengenalkan kebiasaan makan sehat pada anak,” kata Fiastuti. Ada 3 hal yang harus diperhatikan para orangtua khususnya ibu untuk membentuk pola makan anak.
Jumlah
Makanlah sesuai dengan kebutuhan kalori, ngga kurang & ngga lebih. Anak yang memiliki berat badan 1-10 kg, butuh 100 kalori/kilogram berat badan. Sedangkan anak yang berat badannya 10-20 kg butuh 50 kalori/kilogram berat badan (ditambah 1000 kalori).
Jenis
Karbohidrat, protein nabati dan hewani, buah-buahan, sayuran, lemak dan susu itulah yang harus dipenuhi karna itu adalah kebutuhan gizi. Supaya anak cepat suka dengan makanannya, sebaiknya menu makan anak disamakan dengan menu untuk keluarga supaya anak ngga bosan. Yang harus dibedakan mungkin hanya rasa pedasnya.
Jadwal
Para orangtua harus membuat jadwal makan yang teratur. 3x makan utama & 2x snack adalah waktu makan anak. Anak harus dibiasakan juga untuk sarapan karna sarapan berperan sebagai persiapan energy sebelum beraktivitas. Libatkan anak pada acara makan bersama, itu sangat dianjurkan. Dengan kegiatan ini anak dapat melihat kebiasaan dan tata cara makan yang benar.

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Makanan sehat untuk ibu hamil antara lain yaitu rata-rata memerlukan ±2200 kalori (9500kJ) dalam sehari, jadi supaya ibu dan janin sehat. Bagi ibu yang sedang mengandung, sangat perlu diperhatikan makanan yang akan dikonsumsinya. Makanan sehat untuk ibu hamil juga disarankan untuk makanan yang sudah matang, terutama telur jangan dimakan setengah matang, karena dikawatirkan mengandung bakteri salmonela yang dapat membahayakan janin. Makanan mentah seperti lalapan, sushi, steak setengah matang lebik baik dihindari. Hindari juga keju lembek, susu yang tidak disterilkan atau pasta karena dikhawatirkan mengandung bakteri listeria yang bisa menyebabkan keguguran.
Susu juga sangat baik bagi ibu hamil, karena mengandung kalsium. Pilihlah susu hamil yang mengandung asam folat dan vitamin lainnya, seperti ”skim milk” . Makanan sehat untuk ibu hamil juga dianjurkan mengkonsumsi sayuran berdaun hijau seperti selada, buncis sangat baik bagi ibu hamil. Ibu juga bisa makan kentang, ubi, labu kuning dan kacang-kacangan.
Makakan sehat untuk ibu hamil salah satunya yaitu buah. Buah juga sangat penting, seperti buah apel, jeruk, anggur, tomat yang harus dicuci bersih terlebihdahulu sebelum dimakan. Makanan yang ibu makanan (diusahakan) harus mengandung kalsium, protein, vitamin C, serat, karbohidrat, vitamin A, asam folik, dan zat besi. Hindari banyak mengemil makanan yang tidak sehat (junk food) karena akan membuat berat badan ibu selama kehamilan bertambah banyak, sehingga akan sulit menurunkannya setelah melahirkan. Mulailah anda mengkonsumsi makanan sehat dari sekarang selain bermanfaat bagi ibu juga sangat membantu pertumbuhan janin ibu. Makanan sehat untuk ibu hamil menurut saya sangat mudah di dapatkan.

Diet Sehat Menurunkan Berat Badan

Diet sehat menurunkan berat badan caranya, yaitu dengan memakan makanan 4 sehat 5 sempurna dan dibantu dengan berolahraga ringan. Diet yang sehat, sebaiknya tidak menghilangkan waktu makan, sarapan, makan siang, dan sore, tetap dilakukan. Pagi hari, sepotong kecil roti, oatmeal, sudah cukup mendukung serat dan nutrisi bagi tubuh untuk mengawali hari. Diet sehat menurunkan berat badan dengan mengusahakan jangan memakan makanan yang terlalu mengandung minyak seperti gorengan. Kalau bisa saat sarapan pilih menu makanan yang tinggi serat dan ditambah munuman jus jeruk. Kalau anda menyukai minuman susu, sebaiknya pula jangan pilih yang fullcream. Silakan konsumsi minuman susu yang rendah lemak.
Untuk makan siang, makanlah ¼ atau ½ porsi nasi dan sayur pun sudah cukup mengandung karbohidrat. Sebelum makan dan sesudah, minumlah terlebih dahulu air putih, atau sepotong buah-buahan segar, ini pun Sunnah Rasul. Menurut penelitian, minum atau makan buah sebelum makan, akan menghambat penyerapan kolesterol kedalam darah, serta akan “mengenyangkan” perut kita sehingga tidak makan berlebihan. Makanlah dengan cara perlahan. Dan jangan lupa perbanyak minum air putih, banyak orang tidak bisa membedakan rasa haus dan lapar, saat mengira merasa lapar (padahal, sebenarnya haus), anda akan mengkonsumsi makanan (yang sebetulnya tidak perlu anda konsumsi), cara mengetesnya, yaitu meminum segelas air dan tunggu hingga 10 menit untuk mengetahui apakah anda masih lapar. Jika ya berarti anda memang benar lapar.
Makanlah dengan cara perlahan (Mengapa orang Amerika lebih rentan terkena obesitas dari pada orang Perancis? Jawabannya, bukan saja karena porsi makan orang Amerika lebih banyak, tetapi juga karena orang Perancis sangat menikmati makanan mereka dalam setiap kunyahan, sehingga cenderung makan secara perlahan), hal ini menyebabkan perut akan lebih cepat terasa kenyang yang pada akhirnya turut membantu menekan selera dan porsi makan. Bagi anda yang belum terbiasa, coba trik ini : Letakan sendok atau garpu saat anda sedang mengunyah, minum air mineral setiap selesai mengunyah, dan kunyah makanan beberapa kali sebelum menelannya. Gunakan piring yang lebih kecil. Kebiasaan di negara kita adalah menghabiskan makanan yang tersaji di piring, berapapun jumlah kalori makanan dan ukuran piring tersebut. Untuk menyiasatinya, gunakan piring yang berukuran lebih kecil. Anda akan merasa kenyang dengan makanan yang lebih sedikit. Salah besar bila sebagian besar dari kita berpendapat kalau Diet sehat menurunkan berat badan berlaku hanya untuk menurunkan berat badan, justru utama dari diet itu adalah untuk mencapai badan yang fit dan sehat. Sesuai pepatah “ You are What You Eat”. Bila tujuan utama anda Diat sehat menurunkan berat badan , anda akan rela memakan-makanan yang kurang enak. Dibandingkan dengan makanan enak yang seringkali bersembunyi hal-hal negatif dibelakangnya. Batasi karbohidrat.
Makan malam, baiknya dilakukan sekitar jam 5 sore sampai jam 7 malam. Makanan buah atau makan makanan yang tinggi protein, misalkan ikan, merupakan pilihan makan malam terbaik untuk mengkontrol bobot tubuh. Ini karena protein membuat anda kenyang lebih lama. Jika anda ingin mengkonsumsi karbohidrat, hindari yang sederhana, karena lebih cenderung disimpan sebagai lemak ketimbang digunakan sebagai energi. Kadar air dan serat yang tinggi, juga kandungan vitamin dan nutrisi dalam buah-buahan dan sayuran dapat membantu kesehatan dan vitalitas tubuh secara keseluruhan. Beralih dari karbohidrat sederhana ke karbohidrat kompleks. Kurangi makan roti putih dan nasi putih, makanlah lebih banyak gandum (roti gandum atau beras gandum). Gandum mampu memberi energi jangka panjang dan memberi rasa kenyang lebih lama karena memiliki kandungan serat yang tinggi. Minum multivitamin jika anda merasa nutrisi yang anda konsumsi kurang.
Diet sehat menurunkan berat badan baiknya dibantu dengan berolahraga, karena untuk pembakaran kalori. Olahraga juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Tidak dibutuhkan waktu lama dan hanya olahraga ringan seperti naik tangga 3×10 menit dalam sehari sudah cukup untuk membuat tubuh anda sehat. Dan jangan lupa untuk tidur dengan cukup. Kurang tidur dapat beresiko tinggi obesitas karena membuat tubuh merasa lapar. Baiknya tidurlah sekitar 8 jam sehari. Hindari tidur dengan kondisi perut kenyang/ penuh, karena bisa berakibat kurang baik untuk kesehatan.

Cara Perawatan Gigi

Perawatan gigi yang tepat tidak hanya baik untuk gigi melainkan bagi seluruh tubuh. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipikirkan:
Setiap orang harus menyikat gigi dan menggunakan benang gigi dalam beberapa kali setiap harinya. Setiap sehabis makan makanan ringan maupun makan makanan besar. Tetapi wajib sekali di pagi hari dan di malam hari untuk menyikat gigi sebelum tidur.
Bahkan bagi anak-anak yang sangat dianjurkan untuk membiasakan membangun pola sehat yang akan berdampak baik bagi kelangsungan hidup mereka.
Pakailah sikat gigi yang berkualitas tinggi. Ini sangat penting untuk membersihkan email gigi. Sikat gigi yang baik perlu diganti selama sebuan sekali, gunanya untuk menghindari perkembangan bakteri yang bersarang di sela sikat gigi yang sudah melebar.
Pemeliharaan gigi harus dilakukan setiap enam bulan sekali untuk memastikan kebersihan dan kesehatan gigi. Dan harus dilakukan oleh dokter gigi agar dapat memeriksa setiap gigi dalam mencapai semua sudut dan celah untuk membersihkan plak dan tanda-tanda masalah pada gigi.
Dokter gigi juga akan memeriksa lidah, gusi dan bagian dalam mulut
http://www.tipskesehatankeluarga.com

Khasiat Buah Kurma


Buah satu ini paling banyak di cari pas bulan puasa, yaitu buah kurma, Kurma sangat bagus di konsumsi saat bulan puasa karena banayak mengandung mineral, kurma juga mencegah anemia dan lesu darah. Kurma merupakan sejenis buah yang kaya akan zat besi, kalsium, fosforus, sodium, potasium, vitamin A dan C dan juga niasin.
Dengan kandungan yang demikian, banyak penyakit yang bisa disembuhkan dengan makan buah kurma, dan paling bagus bila kurma dibuat jus.
berikut beberapa khasiat buah kurma:
1. Buah kurma dapat mencegah stroke.
2. Buah kurma mengandung vitamin A yang baik dimana ia dapat memelihara kelembaban dan kejelian mata, menguatkan penglihatan, pertumbuhan tulang, metabolisme lemak, kekebalan terhadap infeksi, kesehatan kulit serta menenangkan sel-sel saraf.
3. Buah kurma yang direbus dapat memperlancar saluran kencing.
4. Buah kurma, baik kering maupun basah dapat menenangkan sel-sel saraf melalui pengaruhnya terhadap kelenjar gondok. Oleh karena itu, para dokter menganjurkan untuk memberikan beberapa buah kurma di pagi hari kepada anak-anak dan orang yang lanjut usia, agar kondisi kejiwaannya lebih baik.
5. Kurma mengandung potasium yang tinggi. Potasium bermanfaat untuk mengendalikan tekanan darah, untuk terapi darah tinggi, serta membersihkan karbon dioksida dalam darah. Potasium juga bermanfaat untuk memicu kerja otot dan simpul syaraf.
6. Mengkonsumsi 100 gram kurma, dapat menurunkan kadar kolesterol darah dengan menghambat penyerapan lemak atau kolesterol dalam usus besar sehingga kadar kolesterol dalam darah menurun.
7. Berbagai mineral yang diperoleh dari kurma bermanfaat untuk mengoptimalkan kandungan elektrolit dalam cairan tubuh.
8. Mengandung zat tannin yang tinggi yang dapat digunakan untuk anti-diare, anti-hemostatis, dan anti-hemoroid
9. Obat flu, radang tenggorokan.
10. Mengatasi mabuk
11. Meningkatkan thrombosit pada penderita demam berdarah
12. Kurma dapat meningkatkan produksi ASI
Tips Bagi Penderita Demam Berdarah :
Untuk yang telah positif terjangkit DBD, Anda bisa mengobatinya dengan membuatkan Jus Kurma. Caranya : Ambil 500 gram kurma, buang bijinya lalu diblender dengan 5 gelas air sampai lembut. Minumkan pada penderita setiap jam, satu gelas sampai habis.
Mengingat khasiat kurma yang begitu besar bagi kesehatan, ada baiknya kurma tidak hanya dikonsumsi ketika bulan puasa, tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari.

Khasiat Kedondong untuk Obat

Asem-asem manis itulah rasa si buah ini. Kedondong, ternyata memiliki banyak manfaat baik itu , batang ataupun daunnya untuk mengobati batuk, mencret dan disentri, berikut khasiat kedondong:
- Kulit batang kedondong berkhasiat sebagai obat mencret dan obat sariawan.
Untuk obat mencret: dipakai ± 15 gram kulit batang segar kedondong, dicuci lalu dipotong kecil-kecil, direbus dengan 2 gelas air selama 15 menit setelah dingin disaring. Hasil saringan diminum sehari dua kali sama banyak pagi dan sore.
- Buah kedondong dapat dipakai untuk mengobati batuk. Caranya: ambil 2 atau 3 buah kedondong. Cuci bersih, lalu parut. Tanpa ditambah air peras airnya. Tambahkan sedikit garam, minumkan kepada penderita 3x sehari.
- Kulit kayu Kedondong sebagai obat disentri dan daunnya sebagai obat batuk.
Caranya: Ambil secukupnya (kurang lebih 5gram) kulit kayu kedondong yang masih segar dan bersihkan, rebus dengan 2 gelas air sampai mendidih. Setelah dingin saring dan diminum sekali minum.

Atasi Ngorok dengan Kunyit

Banyak orang saat tidur mendengkur. Kebiasaan ini kerap kali membuat orang lain yang ada di sekitarnya terganggu. Kebiasaan mendengkur atau biasa disebut dengan “Ngorok” sebenarnya bisa diakibatkan oleh sifat turun temurun.
Ada yang bilang kalau orang yang mempunyai tubuh gemuk dan perut besar atau buncit pasti identik dengan tidur mendengkur. Tapi sebenarnya ada juga orang yang kurus dan ceking pun bisa mendengkur pada saat tidur. Semua hal yang menyebabkannya bisa bermacam-macam.
Jika anda mempunyai kebiasaan ini tak perlu cemas, atasi dengan resep sederhana dari tanaman obat berikut ini :
ambil 2 ruas kunyit, cuci bersih, memarkan hingga pipih,
masukkan kedalam gelas, beri sedikit air hangat masukkan 2 sendok madu,
aduk hingga rata, minumlah. Lakukan hal ini selama seminggu berturut turut,
jika anda melakukan dengan tekun, niscaya kebiasaan mengorok akan hilang.

Tanaman Obat Alami Untuk Jerawat

Jerawat sangat mengganggu sekali, Jerawat dapat timbul di wajah, dada, ataupun punggung. Jerawat adalah suatu kondisi kulit dimana terjadi penyumbatan kelenjar minyak pada kulit disertai infeksi dan peradangan yang lazim pada anak remaja.
Banyak cara untuk mengatasi jerawat dan beragam obat ditawarkan untuk mengatasi gangguan kulit yang satu ini. Dalam bukunya ‘Tanaman ObatPenyembuh Ajaib’, Herminia de Guzman Ladion mencoba menawarkan cara-cara alami untuk mengatasi jerawat.Satu cara yang dapat menanggulangi munculnya jerawat adalah dengan hidroterapi atau terapi air.
Penderita jerawat dianjurkan untuk mencuci muka dengan air hangat dan gunakan sabun lembut 3 kali dalam sehari. Uapi wajah selama 15 menit setelah dicuci, sekali setiap hari. Jangan menyentuh wajah dengan jari dan jangan memencet jerawat dengan jari. Minum banyak sari buah dan air putih. Tidur cukup, minimal 7 jam sehari dan kurangi atau kalau bisa hindari makanan bertepung, mengandung gula, coklat, dan kacang serta konsumsi banyak buah dan sayur.
Beberapa tanaman dan buah juga dapat digunakan sebagai obat penyembuh jerawat, diantaranya pepaya, jeruk kasturi, lidah buaya, dan daun romero.Pepaya masak (Carica Papaya) dan Sari Jeruk Kasturi (Citrus)
Campurkan 3 sendok pepaya masak yang sudah dihancurkan dengan 1 sendok makan sari buah jeruk kasturi.Tempelkan campuran tersebut pada wajah yang berjerawat setiap kali setelah mencuci wajah. Biarkan hingga 30 menit dan cuci kembali dengan air hangat.
Jika anda tidak mengalami kesulitan, anda dapat membiarkan campuran itu sebagai masker sepanjang malam.Lidah Buaya (Aloe Barbadensis Mill)Kupas kulit daun lidah buaya berukuran sedang. Gosokkan sarinya pada wajah setiap kali selesai mencuci wajah dengan air hangat.
Dengan perlakuan yang sama dengan masker dari pepaya dan jeruk kasturi, anda dapat membiarkannya sepanjang malam jika anda tahan.
Daun Romero (Ros Marinus Officianalis) Hancukan 5 helai daun dan peras sarinya. Bubuhkan sarinya pada wajah setelah mencuci wajah dengan air hangat. Biarkan sepanjang malam.Jika anda teratur merawat wajah dengan bahan-bahan alami seperti di atas, niscaya anda akan mendapatkan wajah yang bebas dari jerawat dan segar sepanjang hari.

Buah-buahan yang Bagus Dikonsumsi Saat Puasa

Dibawah ini ada delapan jenis buah yang baik dikonsumsi. selama bulan Puasa. Beberapa buah tersebut adalah buah lokal Indonesia yang banyak dijumpai di bulan Ramadan.

BLEWAH

Mencegah Kekurangan Cairan
Kandungan kalium blewah sangat baik, 267 mg/100 g, natrium hanya 16 mg/100 mg. Rasio kalium-natrium 161. Makanan digolongkan sehat untuk jantung dan pem-buluh darah bila rasio kalium-na-trium minimal 51.
Kalium bermanfaat mengendalikan tekanan darah tinggi dan mengurangi risiko serangan stroke, membersihkan karbondioksida di dalam darah, juga untuk memicu kerja otot dan simpul saraf. Nah, kalium yang tinggi memperlancar pengiriman oksigen ke otak dan membantu keseimbangan cairan tubuh.
Blewah kaya akan gula dari mo-nosakarida, seperti sukrosa dan fruktosa, sehingga baik untuk berbuka puasa. Kandungan airnya yang sangat tinggi dapat mengatasi dehidrasi setelah tubuh 12-14 jam tidak mengonsumsi air.

SEMANGKA

Penyejuk Tubuh yang Kaya Likopen
Semangka mengandung vitamin A dan C yang cukup baik. Kombinasi vitamin A dan C adalah sumber antioksidan yang baik. Antioksidan diperlukan untuk mengoksidasi kolesterol jahat LDL, sumber penyakit jantung dan stroke.
Warna merah semangka menandakan tingginya likopen, salah satu komponen karotenoid. Konsumsi semangka merah lebih disarankan daripada semangka kuning. Dibandingkan antioksidan lain (khusus vitamin C dan E), likopen semangka lebih ampuh memerangi radikal bebas. Likopen mencegah kanker, terutama kanker sel epitel seperti pros-tat, paru, kolon, ovarium, payudara. Semangka juga mengandung sitrulin dan arginin,yang berperan dalam pembentukan urea di hati, sehingga meningkatkan produksi urin. Asam amino sitrulin meningkatkan produksi nitrit ok-sida, yang berperan meningkatkan kemampuan ereksi pada pria.

PEPAYA

Murah dan Menyehatkan
Tahun 1992, the Center for Science in the Public Interest (CSPI) di Washington meneliti manfaat 40 jenis buah. Penilaian didasarkan sembilan jenis vitamin, kalium, dan serat pangan yang terkandung dalam buah terhadap angka kecukupan gizi yang dianjurkan (AKG). Hasilnya, pepaya ditetapkan sebagai buah yang paling menyehatkan, disusul melon jenis cantaloupe, stroberi, orange, dan tangerine.
Pepaya matang unggul dalam be-takaroten (276 mkg/100 g), beta-cryptoxanthin (761 mkg/100g), serta lutein dan zeaksantin (75 mkg/ 100 g). Betakaroten merupakan provitamin A sekaligus antioksidan untuk menangkal serangan radikal bebas. Vitamin A dari 100 g pepaya matang 1.094-18.250 SI, tergantung varietasnya. Betacryptoxanthin, lutein, dan zeaksantin lebih berperan sebagai antioksidan untuk mencegah timbulnya kanker dan berbagai penyakit degeneratif.
Vitamin yang menonjol adalah vitamin C (62-78 mg/100 g) dan folat (38 mikrog/100 g). Serat per 100 g buah masak 1,8 g, memperlancar proses BAB dan mencegah sembelit Satu potong pepaya ukuran 140 g menyumbang vitamin C 150 persen dari angka kecukupan gizi yang dianjurkan per hari (AKG), serta serat 10 persen.
Komposisi mineral pepaya matangsangat bagus, dominan kalium (257 mg/lOOg) dan sedikit sodium (3 mg/100 g). Rasio potasium terhadap sodium yang tinggi mencegah hipertensi. Mineral lain yang terkandung dalamjumlah luma-yan adalah kalsium, besi, magnesium, fosfor, seng, dan selenium.
PISANG
Kaya Kalium Vitamin A
Komponen gizi pisang paling menonjol adalah karbohidrat, berbentuk pati atau gula. Pisang mentah mengandung karbohidrat yang tersusun atas pati. Pada buah matang, sebagian karbohidrat berubah jadi gula, sehingga rasanya manis.
Kandungan energi bervariasi, antara 68-146 kkai per 100 g. Energi bersumber dari karbohidrat, kadarnya 17,2-38,2 g per 100 g. Protein dan lemak sangat rendah.
Pisang mengandung vitamin A, kadarnya per 100 g bervariasi, yaitu 75 SI pada raja uli, 76 SI angleng (ampyang), 79 SI mas, 112 SI raja sereh (susu), 146 SI ambon, 618 SI lampung, dan 950 SI raja.
Mineral yang menonjol pada pisang adalah kalium. Pisang ukuran sedang menyumbang 440 mg kalium. Rasio yang tinggi antara kali- um dan natrium dalam pisang sangat menguntungkan untuk pengobatan tekanan darah tinggi dan mendukung proses relaksasi otot

MANGGA

Sumber Energi, Serat, dan Vitamin
Selain air, karbohidrat, dan serat, mangga juga mengandung protein, lemak, vitamin, mineral, macam-macam asam, tanin, zat warna, dan zat volatil. Zat volatil inilah yang memberikan aroma harum khas pada buah mangga.
Karbohidrat daging buah mangga terdiri atas gula sederhana (sukrosa, glukosa, fruktosa), pati, dan selulosa. Gula berperan dalam memberikan rasa manis dan penghasil energi yang dapat segera digunakan oleh tubuh.
Kadar pati mangga masak lebih sedikit daripada mangga mentah karena telah banyak diubah menjadi gula. Serat panganjadi bagian dari karbohidrat terutama selulosa dan pektin.
Mangga mengandung vitamin A,
C, dan B kompleks, terutama BI, B2, B3, dan B6. Mangga muda mengandung vitamin C lebih tinggi daripada mangga matang, tapi kadar vitamin A nya lebih rendah.
Mangga mengandung mineral kalsium, besi, magnesium, fosfor, potasium, sodium, seng, tembaga, mangan, dan selenium. Empat mineral terakhir ini juga berperan sebagai antioksidan. Keuntungan lain, rasio antara Na dan K rendah, sehingga aman dikonsumsi penderita tekanan darah tinggi.

ANGGUR

gizinya luar biasa
Anggur bernilai gizi luar biasa, mengandung vitamin C, BI, B6, serta mineral seperti mangan dan kalium. Mangan diperlukan dalam sintesis energi, sehingga membantu menjaga kestabilan gula di dalam darah. Juga untuk metabolisme lemak serta pembentukan jaringan ikat dan tulang. Kadarnya 0,07 mg per 100 g buah.
Anggur mengandung melatonin, hormon yang membantu mengatur-jam biologis tidur. Melatonin juga efektif untuk mengatasi hipertensi. Studi yang dilakukan Frank Scheer di Harvard Medical School membuktikan, laki-laki yang mendapat asupan melatonin selama tiga minggu mengalami penurunan tekanan darah sistolik secara signifikan. Khasiatnya antara lain mengatasi kelelahan dan hipoglikemia karena kandungan gula alaminya sangat tinggi, terutama dalam bentuk glukosa dan fruktosa.

APEL

untuk Sehat dan Cantik
Gizi apel sangat tinggi, terutama vitamin dan mineral. Rahasia apel sebagai pencegah penyakit terletak pada karoten dan pektin. Karoten sebagai vitamin A dan antioksidan menangkal radikal bebas penyebab berbagai penyakit degeneratif. Konsumsi satu apel sehari membuat tetap cantik dengan kulit halus dan tubuh langsing.
Pektin adalah serat pangan larut air. Karena berbentuk gel, pektin memperbaiki otot pencernaan dan .mendorong sisa makanan di saluran pembuangan. Pektin mengikat asam empedu yang merupakan hasil akhir metabolisme kolesterol. Pektin juga menyerap kelebihan air dalam usus, memperlunak feses, serta mengikat dan menghilangkan racun dari usus.
Hasil penelitian manfaat apel (1) Menurunkan kolesterol (2) Menurunkan tekanan darah; (3) Menstabilkan gula darah; (4) Meningkatkan kolesterol baik; (5) Membunuh virus infeksi; (6) Mengurangi selera makan; (7) Memperlancar pencernaan; (8) Mempertahankan kesehatan saraf; (9) Agen antikanker; dan (10) Menjaga kesehatan jantung.

Khasiat dan Manfaat Buah Apel

Apel, siapa yang tidak kenal dengan buah ini?Buah Apel ini mudah didapatkan karena dijual di berbagai tempat penjualan buah. Berbagai jenis dan warna buah apel ada di mana-mana. Apel banyak disukai karena rasanya yang khas. Berdasarkan penelitian, dalam satu buah apel saja diyakini memiliki banyak khasiat yang bermanfaat bagi tubuh. Apa saja kandungan buah apel? Dan manfaat apa saja yang bisa diperoleh dari sebuah apel?
Apel banyak memiliki kandungan vitamin, mineral serta unsur lain seperti fitokimian, serat, tanin, baron, asam tartar, dan lainnya. Zat inilah yang sangat dipelukan bagi tubuh kita untuk mencegah dan menanggulangi berbagai penyakit. Untuk selanjutnya, akan dibahas tentang apa saja yang terkandung pada buah apel? Dan apa saja manfaat dari buah apel?
Kaya vitamin
Buah apel kaya akan kandungan vitamin. Beberapa vitamin yang terdapat dalam buah apel misalnya vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B9, vitamin C.
Kaya mineral
Buah apel mengandung banyak mineral. Mineral dalam buah apel antara lain kalsium, magnesium, potasium, zat besi, dan zinc.
Fitokimia
Buah apel juga mengandung fitokimia. Fitokimia merupakan antioksidan untuk melawan radikal bebas yang berasal dari polusi atau lingkungan sekitar. Zat ini juga berfungsi untuk menekan jumlah kolesterol jahat (LDL) yang dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah.
Kaya Serat
Apel kaya akan serat, sehingga baik untuk orang yang sedang dalam program diet. Hal ini disebabkan karena serat yang tinggi sehingga mencegah lapar datang lebih cepat.
Serat untuk mengurangi lemak dan kolesterol
Buah apel mengandung serat yang berguna mengikat lemak dan kolesterol jahat dalam tubuh untuk selanjutnya dibuang.
Tanin
Buah apel juga memiliki kandungan tanin. Tanin adalah zat yang berfungsi membersihkan dan menyegarkan mulut, sehingga dapat mencegah kerusakan gigi dan penyakit gusi.
Baron
Di dalam buah apel terdapat baron. Apakah baron itu? Baron berfungsi mempertahankan jumlah estrogen dalam tubuh seorang wanita.
Flavoid
Salah satu kandungan buah apel yang baik untuk menjegah penyakit adalah flavoid. Flavoid merupakan zat yang berfungsi menurunkan risiko kanker.
Asam D-glucaric
Apakah Asam D-glucaric itu? Asam D-glucaric merupakan zat yang dapat menurunkan kadar kolesterol. Asam D-glucaric juga terdapat di dalam buah apel.
Quercetin
Quercetin merupakan zat yang dibutuhkan untuk meningkatkan kadar antioksidan sehingga tubuh terasa lebih sehat dan mencegah berbagai penyakit. Buah apel mengandung zat quercetin.
Asam tartar
Di dalam sebuah apel juga terdapat asam tartar. Asam tartar yang dapat menyehatkan saluran pencernaan, karena zat ini mampu membunuh bakteri yang ada dalam saluran pencernaan.
Melihat banyaknya unsur kesehatan yang dapat dimanfaatkan, tentu kita dapat mencoba untuk mengkonsumsi satu buah apel setiap hari.
sumber:kumpulan.info

PIR,(pear)



Menghilangkan Racun dan Radikal Bebas
Pir mengandung asam kloro-genat, salah satu bagian dari asam hidroksi sinamat. Asam hidroksi si-namat berperan sebagai antioksidan yang membendung pembentukan sell kanker-1 serta mampu1 mencegah pertumbuhan bakteri Shigella sonnei, penyebab penyakit pada saluran pencernaan.
Asam hidroksi sinamat mencegah terjadinya kanker kolon. Asam tersebut bekerja mengikat nitrat di dalam perut, sehingga menghambat terbentuknya nitrosamin, senyawa penyebab kanker. Asam hidroksi sinamat banyak terkumpul pada bagian kulit pir. Untuk mendapatkan manfaat terbaik, konsumsi pir bersama kulitnya.
Pir baik untuk mencegah radikal bebas disebabkan kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C memacu sel darah putih melawan infeksi, membunuh bakteri dan virus, serta meregenerasi vitamin E. Tanpa kehadiran vitamin C, vitamin E akan teroksidasi oleh radikal bebas.
Konsumsi pir dapat menghindari kerusakan organ hati karena kandungan glutathione-nya. GIu-tathionedalzm pir diperlukan dalam metabolisme hati untuk menghilangkan racun dan juga sebagai antioksidan utama di dalam tubuh.
Oleh Mardiana Makmunikutip dari Gaya Hidup Se-. hat, Prof. DR. Made Asta wan, ahli teknologi pangan dan gizi dari Institut Teknologi Bandung (IPB) mengatakan, buah yang baik dikonsumsi di bulan Ramadan sebaiknya mengandung beberapa hal, yakni air, vitamin dan mineral, gula, serat, dan aroma yang enak. Kadar air dalam buah, kata Made, berguna untuk memberikan sumbangan cairan dan menyegarkan tubuh selama berpuasa. Vitamin dan mineral untuk membantu kelancaran proses metabolisme tubuh. Gula buah berguna untuk menaikkan kadar glukosa darah yang turun selama berpuasa. Serat pangan untuk memberikan rasa kenyang yang lama dan memudahkan proses buang air besar, sedangkan aroma untuk membangkitkan selera makan.
sumber : bataviase.co.id

Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan


Umbi bawang putih berlapis-lapis, sehingga dia termasuk jenis tanaman umbi lapis. Sebuah umbi bawang putih terdri atas 8-20 siung (anak bawang). Antar-siung dipisahkan oleh kulit tipis dan liat, sehingga membentuk kesatuan yang kuat. Jika siung dibelah menjadi dua, di dalamnya terdapat lembaga. Nah, nantinya lembaga ini tumbuh menerobos pucuk siung. Beberapa khasiat bawang putih antara lain:
1. Tekanan darah tinggi
Ambil 2 siung bawang putih, kupas. Giling siung itu sampai halus. Seduh bawang hasil gilingan dengan setengah gelas air panas. Silakan minum dua kali sehari.
2. Sakit kuning
Siapkan 1 umbi bawang putih, sepotong gula batu sebesar telur ayam. Umbi bawang putih ditumbuk halus, lalu tambahkan gula batu. Rebus bersama 3 gelas air sampai mendidih, aduk rata, dan saring. Minum 2 kali (pagi dan sore) sehari sebanyak dua sendok makan.
3. Luka
Umbi bawang putih dibakar, celupkan ke dalam minyak kelapa dan tumbuk halus. Oleskan hasil tumbukan pada bagian anggota tubuh yang luka.
tabloidnova

Warna Sayuran & Manfaatnya Bagi Kesehatan


Umumnya, kita malas makan buah, apalagi sayuran. Kalau buah atau sayuran itu kebetulan kesenangan kita sih tak masalah.
Nah, daripada Anda selalu merasa terpaksa makan sayuran dan buah, sebaiknya kenali manfaatnya lewat warna. Kata orang tak kenal maka tak sayang.
Merah
Banyak buah yang berwarna merah, ada semangka, stroberi, tomat, atau jambu biji merah. Warna merah pada buah-buahan tersebut mengandung zat yang namanya antosianin dan likopen. Antosianin berguna untuk mencegah infeksi dan kanker kandung kemih, sedangkan likopen menghambat fungsi kemunduran fisik dan mental agar kita tidak mudah pikun.Selain itu, likopen juga mencegah bermacam-macam penyakit kanker. Sementara sayuran yang berwarna merah seperti terung, kol merah, dan bayam merah. Pigmen pada sayuran jenis ini mengandung flavonoid yang berfungsi sebagai antikanker. Kol merah jika disantap mentah ternyata mengandung senyawa fitokimia dan vitamin C dua kali lipat daripada kol putih.
Jingga
Melon jingga, pepaya, jeruk yang berwarna jingga dan semua buah-buahan yang memiliki daging buah berwarna jingga itu mengandung betakarotin. Fungsi betakarotin menghambat proses penuaan sel. Sel-sel di dalam tubuh kita makin lama semakin tua, dan jika sudah telanjur tua, maka tugas betakarotin meremajakan kembali. Selain itu, sebagian betakarotin yang ada di dalam tubuh berubah menjadi vitamin A yang akan memacu sistem kekebalan tubuh, yang membuat tubuh tak mudah terserang penyakit. Sedangkan beberapa jenis sayuran yang berwarna jingga, antara lain ubi jalar merah, labu kuning, dan wortel. Tiga sayuran ini sangat kaya akan betakarotin. Selain itu, wortel juga kaya akan kalsium pektat yang berguna menurunkan kadar lemak dalam darah. Buah dan sayuran berwarna jingga banyak mengandung vitamin A, yang sangat dibutuhkan bagi kesehatan mata.
Kuning
Buah berwarna kuning adalah belimbing, nanas, pisang, dan lain-lain. Buah-buahan ini kaya akan kalium. Beberapa penelitian menyimpulkan bahwa kalium bermanfaat mencegah stroke dan jantung koroner. Kalau Anda suka makan nanas, apalagi dijus, selain rasanya segar, ternyata juga membantu menyembuhkan diare dan mempercepat penyembuhan radang. Jenis sayuran yang berwarna kuning diyakini ampuh memerangi katarak, serangan jantung, dan stroke. Contoh sayuran kuning adalah paprika dan jagung muda.
Hijau
Tengok yang namanya alpukat, melon, anggur hijau. Buah-buahan ini banyak mengandung asam alegat, yang sangat ampuh menggempur bibit sel kanker jenis apa pun. Asam alegat juga membantu menormalkan tekanan darah karena buah berwarna hijau juga mengandung kalium. Sayuran kebanyakan warnanya memang hijau, bayam, caisim, dan daun singkong, adalah contoh sayuran yang banyak mengandung vitamin C dan B Kompleks. Selain itu juga besar kandungan zat besi, kalsium, magnesium, fosfor, betakarotin, dan tentu saja, serat. Kekurangan sayuran berwarna hijau menyebabkan kulit jadi kasar dan bersisik.
Putih
Buah yang berwarna putih antara lain sirsak, duku, kelengkeng, dan leci. Kandungan serat dan vitamin C dalam buah-buahan berwarna putih ini tinggi. Memang tidak begitu banyak mengandung antioksidan, tapi serat juga sangat dibutuhkan dalam tubuh. Manfaat langsung serat itu membuat kita nyaman saat buang air besar. Sayuran berwarna putih antara lain taoge, kol, kembang kol, sawi putih, rebung, dan jamur. Taoge sebaiknya dimakan mentah, atau sete matang, agar vitamin E dan C yang dikandungnya tidak hilang. Sedangkan jamur, kol, dan kembang kol, sarat akan senyawa antikanker.
Beberapa hal penting yang harus diketahui:
1. Kurangi makanan yang mengandung tambahan kimia sintetis seperti pewarna, beking soda, besoat, dan esen. Bahan-bahan ini merupakan sumber radikal bebas yang merangsang jaringan menjadi hiperaktif dan dapat memicu timbulnya kanker. Penyedap makanan juga menggunakan bahan-bahan kimia sintetis.
2. Sayuran warna hijau sebaiknya dikonsumsi setiap hari dalam jumlah paling besar, dengan kombinasi sayuran warna jingga dan kuning, merah-ungu dan putih sebagai pelengkap.
Jadi buat anda yang ingin tetap sehat, konsumsilah sayuran setiap hari agar kita terhindar dari segala penyakit.
sumber: pilkolin.multiply.com

Jambu Biji & Jambu Merah Untuk Demam Berdarah


Rasa buah asal Amerika Selatan ini memang sangat menggoda. Sayang , bijinya seringkali mengganggu. Meski demikian,jambu biji mengandung banyak zat bermanfaat.
Secara klinis, sudah terbukti bahwa buah bernama latin psidium guajava ini banyak mengandung vitamin A, C, Mineral dan zat-zat lain yang diperlukan tubuh.
Secara kimia terbukti bahwa buah, daun dan kulit batang pohon jambu biji mengandung tannin. Daun jambu biji juga mengandung berbagai asam, seperti asam ursolat, psidiolat,kratogolat, oleonolat, guajaverin.
Jambu biji juga kaya akan fiber yang diketahui membantu mencegah kanker saluran cerna dan menurunkan kolesterol. Kandungan vitamin C dalam buah ini lima kali lebih banyak disbanding jeruk. Vitamin ini terkonsentrasi [pada kulit dan daging bagian luar yang lunak dan tebal. Kandungan vitamin C dalam jambu biji sanggup memenuhi kebutuhan harian anak berusia 13 – 20 tahun yang mencapai 80 – 100 mg per hari serta orang dewasa yang mencapai 70 – 75 mg per hari.
JAMBU MERAH dan DEMAM BERDARAH
Tak hanya buah, daun jambu biji juga sering dimanfaatkan sebagai tanaman obat . Kini, tengah dikembangkan jus daun jambu sebagai pencegah demam berdarah. Dari hasil penelitian dan pengujian yang dilakukan FK-UI, Fakultas Farmasi UNAIR Surabaya, dan BPOM, dilaporkan bahwa ekstrak daun jambu biji bisa menghambat virus Dengue, penyebab DBD.
Meski baru bersifat pengujian pre-klinik, bahan itu juga mampu meningkatkan jumlah trombosit hingga 100 ribu millimeter per kubik tanpa efek samping.
Hal ini tentu kabar baik bagi pengobatan DBD, mengingat sampai saat ini memang belum ditemukan obat spesifik demam berdarah (DBD). Selama ini pola pengobatan terhadap penyakit ini hanya bersifat pendukung. Oleh sebab itu diharapkan ekstrak daun jambu biji ini dapat dijadikan obat antivirus Dengue.
Hasil pengujian ini akan dilaporkan ke Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk uji klinik lebih lanjut. Bila hasilnya positif, ada kemungkinan ekstrak daun jambu ini akan menjadi suplemen dalam mengobati DBD.
JAMBU BIJI untuk DBD
Ramuan-1
Cuci bersih 3 jambu biji matang dan mengkal. Kemudian, jambu yang sudah matang di blender sampai halus, lalu disaring sehingga diperoleh jus jambu biji.
Jus jambu ini diminum 3 x sehari sampai DBD sembuh. Untuk buah yang mengkal, dapat langsung dimakan bersama kulitnya. Biji buah jangan ikut dimakan (dapat menyebabkan usu buntu)
Ramuan-2
Cuci dan bersihkan 1 kg daun jambu biji segar, kemudian potong kecil-kecil (dirajang). Blender potongan daun tersebut dengan air secukupnya hingga halus, sarin dan endapkan sehingga ekstrak daun terpisah dengan air. Oven ekstrak daun tersebut agar tahan lama.
Cara pemakaian :
1. Masukkan ekstrak kedalam kapsul, lalu minum 2x sehari, setiap pagi dan sore.
2. Minum ekstrak daun bersama sirup jambu biji dengan takaran 1 sendok teh untuk ½ liter sirup yang diencerkan. Minum secara teratur sampai sembuh.
tyashardjanti.multiply.com

Khasiat Tanaman Serai


Tanaman serai dipergunakan dalam berbagai kebudayaan. Bagian dari tanaman ini yang bisa dipakai untuk herbal meliputi akar, batang, dan daunnya. Apa saja khasiat serai yang belum banyak diketahui?
- Obat gangguan pencernaan
Teh yang mengandung serai membantu mengatasi gangguan pencernaan, sakit perut, masuk angin, kram usus dan diare. Serai juga membantu mengurangi gas dari usus sekaligus mencegah pembentukan gas lebih lanjut.
- Manfaat pada sistem saraf
Minyak esensial yang dibuat menggunakan serai dapat digunakan untuk memperkuat dan meningkatkan fungsi sistem saraf. Karenanya minyak serai yang dioleskan ke permukaan tubuh memberikan efek menghangatkan, melemaskan otot dan meredakan kejang.
- Menurunkan tekanan darah
Serai efektif dalam ngurangi tekanan darah, merangsang sirkulasi darah dan menghilangkan masalah tekanan darah. Konsumsi segelas jus serai untuk menurunkan hipertensi.
- Kulit indah
Serai merupakan pilar dalam industri kosmetik. Manfaatnya antara lain mengurangi jerawat dan berfungsi sebagai penyegar. Minyak serai juga bisa dibalurkan ke seluruh tubuh untuk memberi efek menghangatkan.
Cara Membuat Ramuan tanaman Serai
Sediakan 40 gram daun serai segar dicuci bersih ya, setelah itu ambil 2 gelas air dan direbus hingga airnya menjadi 1/2 setelah dingin disaring dan diminum deh 2 kali sehari
– melancarkan haid = minum 2 kali sehari sebelum makan
– Maag = minum 2 kali sehari sesudah makan
– sakit gigi dan gusi bengkak = dikumur
Mengusir batuk sediakan 50 gram daun serai yang kering direbus dengan 2 gelas air sampai airnya menjadi 1/2, minumlah 3 kali sehari
Menyembuhkan keseleo sediakan buah kemiri 3 butir ditumbuk bersama 2 batang serai beri air sedikit lalu dipanaskan (sebentar saja), setelah itu oleskan ditempat yang keseleo
semoga bermanfaat

Khasiat Buah Lengkeng

Lengkeng (juga disebut kelengkeng, mata-kucing, atau longan, nama ilmiahnya adalah Dimocarpus longan, suku lerak-lerakan atau Sapindaceae, adalah tanaman buah-buahan yang berasal dari daratan Asia Tenggara.
Manfaat Obat
Pada daging buah ini terdapat kandungan sukrosa, glukosa, protein, lemak, vitamin A, vitamin B, asam tartarik, dan senyawa-senyawa kimia tumbuhan (fitokimia) lainnya yang berguna bagi kesehatan. Kombinasi dari senyawa-senyawa fitokimia ini melahirkan berbagai khasiat, di antaranya mengedurkan saraf.
Makanya, di dalam literatur disebutkan lengkeng memberikan efek penenang dan berkhasiat mengatasi gelisah, susah tidur. Salah satu obat pengusir gelisah yang alami adalah lengkeng. Buah kecil berbentuk bulat yang berasal dari daratan Cina ini masih satu famili dengan rambutan dan leci. Lengkeng cukup disukai masyarakat di Indonesia, karena rasanya enak, manis dan menyegarkan. Banyak yang menyajikan buah ini sebagai hidangan pencuci mulut, atau dikonsumsi sebagai cemilan di kala ngobrol atau menonton televisi. ur, dan sulit konsentrasi.
Selain itu daging buah lengkeng juga bermanfaat menyehatkan jantung dan bisa mengobati jantung berdebar keras. Dalam buku terapi buah disebutkan buah lengkeng juga dapat memperkuat limpa, meningkatkan produksi darah merah, menambah nafsu makan, dan menambah tenaga, sehingga sangat baik dikonsumsi oleh orang-orang yang sedang dalam proses pemulihan stamina sehabis sakit.
Buah lengkeng berguna pula untuk menyehatkan usus dan memperbaiki proses penyerapan makanan, melancarkan buang air kecil, mengatasi cacingan, menyehatkan mata, mengobati sakit kepala, keputihan dan hernia.
Akar lengkeng berkhasiat sebagai peluruh kencing dan melancarkan sirkulasi darah. Daun berkhasiat sebagai antiradang dan peredam demam.
Adapun biji berguna untuk menghilangkan rasa sakit dan menghentikan pendarahan. Biji lengkeng ini juga dimanfaatkan sebagai bahan pembuat shampo pencuci rambut, karena mengandung senyawa saponin yang dapat menghasilkan busa dalam jumlah banyak.
Penggunaan Untuk Pengobatan
- Kecemasan (anxiety), amnesia, penurunan mental. Setiap hari minum satu sendok tonik lengkeng (gui yan gao). Adapun cara pembuatannya, ambil sebagai 500 gram buah lengkeng segar dan 500 gram gula pasir. Didihkan dalam air hingga menjadi kental.
- Badan lemah atau berat badan setelah sakit. Setiap hari, makanlah sebanyak 250 gram buah lengkeng segar. Buang kulit dan bijinya.
- Lemah dan kurang tenaga selama hamil. Minum tonik lengkeng 2 kali sehari, pagi dan malam hari, masing-masing sebanyak 1 sendok makan.
– Ketiak dan Badan Berbau. Ambil 15 gram biji lengkeng dan 9 gram lombok hitam (piper nigrum). Tumbuk hinga halus dan oleskan pada bagian yang sakit
-Hilang nafsu makan, limpa lemah. Konsumsi sebanyak 60 gram buah lengkeng segar, buang kulit dan bijinya. Lakukan 2 kali sehari, pagi dan malam hari. Cara ini dapat pula mengatasi diare.
- Luka bakar.Ambil sedikit kulit atau cangkang lengkeng. Bakar sampai menjadi arang. Tumbuk halus dan campurkan dengan minyak tung (Aleuritis fordii) Bubuhkan pada bagian yang sakit.
- Luka luar yang tidak kunjung sembuh.Ambil sedikit cangkang atau biji lengkeng yang sudah kering, bakar hingga menjadi arang. Tumbuk sampai halus. Tambahkan minyak zaitun. Dan oleskan di daerah luka.
- Jari kaki gatal dan bernanah. Ambil beberapa biji lengkeng. Panggang di atas api. Tumbuk sampai halus. Sebarkan di bagian yang sakit.
(dari Berbagaisumber)

Khasiat Buah Ceri

Ceri adalah sejenis tumbuhan dan buahnya yang berasal dari genus prunus. Ada berbagai spesies ceri, diantaranya P. cerasus, P. avium, P. emarginata, dan lain – lain. Di Australia ceri biasanya matang sekitar waktu Natal, di Amerika dan Eropa Selatan bulan Juni.
Produksi diseluruh dunia saat ini 3 juta ton per tahun. Selain itu bunga ceri juga dijadikan hiasan. Buah ceri mengandung anthocyanin, yaitu pigmen warna merah yang baik untuk kesehatan karena merupakan antioksidan. Dijelaskan pula anthocyanin memiliki efek yang lebih bagus dibandingkan dengan aspirin sebagai obat pencegah rasa sakit. Tetapi ceri tidak boleh diolah dengan suhu terlalu panas karena bisa menghilangkan anthocyanin yang dikandungnya. Selain itu bagi mereka yang memiliki gangguan pencernaan harus hati – hati karena ceri mengandung zat asam yang juga tinggi.
Selain sebagai tanaman obat, pohon antipikun ini juga ditanam sebagai penghias taman. Didaerah beriklim empat, saat yang paling cantik dari penampilan pohon itu ialah akhir musim gugur, ketika daunnya yang hijau berubah kuning mentega yang cemerlang.
Keindahannya memang sebentar, karena daun itu segera gugur. Tetapi pertumbuhannya yang penuh, dan lebih leluasa. Di Amerika dikembangkan varietas yang tumbuh tegak, untuk ditanam sebagai penghias tepi jalan. Tetapi yang lebih indah sebenarnya varietas yang tumbuh melebar, atau yang daunnya menggelantung lebih luwes.
Buah – buahan terbagi dalam dua sifat yaitu panas dan dingin. Dan buah ceri ini termasuk buah – buahan bersifat panas termasuk buah leci, persik, lengkeng, delima, buah ceri, kelapa, durian dan apricot. Buah – buahan jenis tersebut cocok untuk kelompok yang staminanya bersifat dingin, mereka kekurangan energi vital, tingkat metabolisme dasarnya rendah, kalori yang dhasilkan tubuh sedikit, sehingga kaki tangan mereka merasa dingin biarpun dihawa panas.
Manfaatnya
Selain berfungsi sebagai tanaman hias buah ceri bisa digunakan sebagai obat, salah satunya :
* Bagi anak yang sedang demam atau mengalami radang pada organ tubuhnya tidak boleh mengkonsumsi buah – buahan bersifat panas. Misalnya blewa, semangka, buah pier, pisang, buah kiwi, mangga, kesemek.
* Selain itu buah ceri dapat melindungi kesehatan jantung.
* Dalam sejumlah besar kondisi, mudah merasa lelah berhubungan dengan berkurangnya kandungan besi dalam darah, kurangnya pasokan oksigen dan tidak lancarnya peredaran darah. Dengan mengonsumsi buah ceri dapat memenuhi zat besi, mencegah hanyutnya zat besi, sekaligus memperbaiki peredaran darah, membantu melawan lelah.
* Dengan kandungan anthocyanin, ceri juga bisa menyembuhkan penyakit rematik.
* Membantu mengurangkan sakit radang tenggorokan.
* Mengandung serat, vitamin A dan C. (Lezat/Dv)
“Di Indonesia secara tradisional buah kersen digunakan untuk mengobati asam urat dengan cara mengkonsumsi buah kersen sebayak 9 butir 3 kali sehari dan terbukti dapat mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan dari penyakit asam urat,” ungkapnya seraya menambahkan, rebusan daun kersen juga memiliki khasiat anti radang dan menurunkan panas bahkan kandungan dan rebusan daun kersen ternyata dapat berkhasiat sebagai pembunuh mikroba berbahaya dan dapat digunakan sebagai anti septik.
Cara Membuat
Cara membuat sirup kersen. Bahan-bahannya meliputi buah kersen masak, air, gula putih, kayu manis, garam, vanilla, pewarna makanan dan alat yang digunakan adalah ember, panci, penumbuk (cobek), saringan dan botol untuk mengemas.
Buah Kersen dipilih yang sudah matang (berwarna merah) lalu dicuci hingga bersih. Daging buah kersen dipisahkan dari kulitnya dengan cara di tumbuk lalu direbus dengan perbandingan 1 bagian air dengan 3 bagian kersen. (1:3).
Kersen lalu dicampur dengan gula dengan perbandingan 1:2 beserta vanilla, garam, dan kayu manis secukupnya sampai mendidih dan harus terus diaduk. Setelah mendidih sirup kersen disaring untuk menghilangkan ampas dan diberi pewarna agar lebih menarik dan dikemas dalam botol.
Dikemukakan, kebanyakan produk di masyarakat seperti halnya sirup yang telah ada, pada umumnya hanya memberikan rasa dan kesegaran saja saat meminumnya, dan tidak mempunyai kelebihan atau manfaat bagi kesehatan khususnya.
Oleh karena itu produk olahan kersen itu nantinya dapat bermanfaat bagi masyarakat, khususnya untuk kesehatan tubuh karena terkait dengan khasiat yang dimiliki oleh kersen yaitu dapat mengobati asam urat. (berbagai sumber)

Aneka Tanaman Obat untuk Penyakit Anak


Sedih rasanya melihat buah hati kita terkena penyakit. Apakah itu batuk, demam, gatal-gatal ataupun penyakit lainnya. Berikut sejumlah tanaman obat dan bumbu dapur yang biasa digunakan untukberbagai penyakit anak-anaksekaligus kegunaannya :
Bawang Merah
Untuk menurunkan demam, parut bawang merah secukupnya, balurkan di tubuh
bayi/anak.Untuk borok, 3 siung bawang merah
dan 2 jari rimpang kunyit dicuci,diparut, lalu dicampur dengan 2 sendok
minyak kelapa baru.Hangatkan diatas api kecil
sambil diaduk.Setelah dingin, oleskan pada bagian tubuh yang sakit
sebanyak 2 kali sehari.Untuk masuk angin, 8 siung
bawang merah, dicuci, tumbuk halus, campurdengan air kapur sirih
secukupnya. Balurkan di punggung, leher, perut dan kaki.
Jahe
Untuk menghilangkan masuk angin, perut kembung dan kolik pada
anak.Caranya, 1/4 sendok teh bubuk jahe kering
dilarutkan dalam 1/2 cangkir air panas. Berikan 1-2 kali per hari sesuai
umurnya.
Kunyit (kunir)
Untuk diare, 1/2 jari kunyit dan 3 lembar daun jambu biji muda segar
dihaluskan, campur dengan 1/2 cangkir air, lalu
diperas. Setelah disaring, diminumkan pada anak . Untuk kulit berjamur
atau becak putih jamur/ruam popok karena
pemakaian diapers, parut kunyit lalu oleskan.
Daun jambu Biji (jambu klutuk, jambu batu)
Untuk diare, 3 lembar daun jambu biji muda dan segar dicuci bersih,
tumbuk halus, beri 1/2 cangkir air matang hangat,
diperas dan diambil airnya.Beri garam secukupnya sebelum diminumkan pada
anak.Air perasan diberikan pada anak
sekehendaknya.
Belimbing wuluh (belimbing asam, belimbing buluk)
Biasanya digunakan untuk obat batuk anak. Caranya, kukus (dalam panci
kecil tertutup selama beberapa jam) satu
genggam (sekitar 11-12 gram) bunga belimbing wuluh segar, 5 butiradas, 1
sendok makan gula batu dan 1/2 gelas air.
Saring dan minumkan 2-3 kali per hari dengan dosis sesuai usia anak.
Mengkudu (pace)
Untuk meringankan perut kembung pada bayi. Caranya, panaskan daun
mengkudu diatas api beberapasaat, lalu olesi
minyak kelapa segar / yang baru. Tempelkan pada perut anak sewaktu
hangat. Bisa diulang beberapa kali.
Kemiri
Berkhasiat menyuburkan rambut bayi. Caranya, minyak kemiri dioleskan
pada kepala bayi/anak sambil dipijat perlahan
setiap malam. Pagi hari rambut disampo dan dibilas dengan air hangat
hingga bersih. Minyak kemiri ini lebih baik yang
sudah jadi.
Air Kelapa Muda
Dapat digunakan untuk obat muntaber karena air kelapa muda banyak
mengandung mineral kalium, yang banyak keluar
ketika anak muntaber. Dosisnya tak ada takarannya, sekendak anak.
Brotowali (Putrawali, andawali)
Untuk pemakaian luar bermanfaat menyembuhkan luka-luka dan gatal-gatal
akibat kudis (scabies). Caranya, 2-3 jari
batang brotowali dipotong kecil-kecil, rebus dengan 6 gelas air. Setelah
mendidih, biarkan selama 1/2 jam. Saring air dan
gunakan untuk mengobati luka serta gatal-gatal.
Jeruk Nipis
Untuk mencairkan dahak dan obat batuk anak. Caranya, campur 1 sdm air
perasan jeruk nipis, 3 sdm madu murni, 5
sdm air matang, lalu ditim selama 30 menit. Takaran minum bayi antara
usia 6-1 tahun : 2 kali 1/2 sdt ; anak 1-3 tahun :
2 kali 1 sdt; anak 4-5 tahun : 2 kali 1 1/2 sdt. Cara lain, potong 1
buah jeruk nipis, peras airnya, taruh dalam gelas
/cangkir. Tambahkan kecap manis, aduk. Takaran minum untuk anak, 3 kali
1 sdt per hari.
Kentang
Untuk obat bisul. Caranya, parut kentang dan peras. Oleskan sari air dan
parutan kendtang segar dioleskan pada bisul 3-
4 kali per hari Bisa pula untuk ruam kulit yang disebabkan biang
keringat atau keringat buntet (miliaria), karena sifat
kentang yang mendinginkan.
Banglai (bangle, panglai, manglai, pandhiyang)
Untuk menenangkan bayi dan anak yang sering rewel pada malam
hari,balurkan parutan banglai segal di kening dan
badan anak.
Minyak zaitun
Untuk mengobati kerak kepala atau ketombe pada bayi (craddle
crap),sebanyak 1-2 kali per hari dioleskan pada kulit
kepala.
Lidah buaya
Untuk mengobati luka bakar pada bayi dan anak. Caranya dengan
mengoleskan daging daun lidah buaya pada seluruh
permukaan kulit yang menderita luka bakar.
Daun pepaya
Berkhasiat meningkatkan nafsu makan, menyembuhkan penyakit malaria,
panas,beri-beri dan kejang perut. Caranya,
daun pepaya muda ditumbuk, diperas, saring, lalu minum airnya.
Temulawak (koneng gede)
Untuk menambah nafsu makan. Caranya, 150 gram temulawan 50 gram kunyit
segar dikupas, iris tipis,rendam dalam
500 cc madu kapuk dalam toples tertutup selama 2 minggu.Setelah 2 minggu
ramuan siap untuk digunakan.Aturan
minum 1 sendok makan madu temulawak dilarutkan dalam 1/2 cangkir air
hangat, diminum pagi dan sore.
Kencur
Untuk meringankan batuk pada anak. Caranya, 5 gram kencur segar dicuci
bersih, parut, lalu tambahkan 2 sdm air putih
matang dan diaduk. Setelah disaring, tambahkan 1 sdm madu murni. Berikan
2-3 kali sehari.
Adas (fennel)
Teh adas dapat dipakai untuk meringankan bayi yang menderita kolik atau
yang kesakitan akibat erupsi (keluarnya) gigi.
Untuk obat masuk angin dan kolik, caranya 1sdt teh adas dilarutkan
dengan 1 cangkir air mendidih, aduk hingga larut.
Setelah agak dingin, larutan dapat diminumkan pada bayi/anak dengan
takaran sesuai umurnya. (cuek.wordpress.com)

Khasiat Buah Cermai

Buah cermai (Phyllanthus acidus) merupakan tanaman buah berbentuk pohon kecil yang tingginya bisa mencapai 10 meter kadang lebih. Pohon ini dapat tumbuh pada tanah ringan sampai berat, dan tahan terhadap kekurangan atau kelebihan air. Biasanya cermai banyak ditanam orang di halaman rumah atau di ladang. Cermai dapat dimakan segar dengan dicampur gula, garam atau dirujak. Cermai juga kerap dibuat manisan, direbus (disetup) atau dibuat minuman penyegar. Daun mudanya dapat digunakan sebagai lalap. Cermai juga memiliki khasiat untuk mengobati beberapa penyakit seperti, batuk berdahak, mual, kanker, sariawan, menguruskan badan, asma, sembelit, sakit kulit, mual akibat perut kotar.
Bagian yang digunakan untuk pengobatan:
* Daun; digunakan untuk mengobati batuk berdahak, mual, kanker, sariawan dan menguruskan badan.
* Kulit akar; asma dan sakit kulit.
* Biji; sembelit dan mual akibat perut kotor.
Beberapa cara penggunaan cermai untuk pengobatan:
Sembelit
Siapkan biji cermai sebanyak 3/4 sendok teh, dicuci lalu digiling sampai halus. Seduh dengan 1/2 cangkir air panas. Sewaktu masih hangat tambahkan 1 sendok makan madu, aduk smapai merata kemudian diminum sekaligus. Lakukan 2 kali sehari.
Siapkan daun cermai segar sebanyak 3 gram, dicuci lalu ditumbuk jalus. Seduh dengan 1/2 gelas air panas, lalu didinginkan. hasil seduhan diminum sekaligus bersama ampasnya.
Asma
Ambil 6 biji buah cermai, bawang merah 2 butir, akar kara (Dolichos lablab) 1/4 genggam, 8 butir buah lengkeng, dicuci lalu ditumbuk seperlunya. Bahan-bahan tersebut lalu direbus dengan 2 gelas air bersih sampai tersisah 1 1/2 gelas. setelah dingin disaring, lalu diminum dengan air gula secukupnya. Sehati 2 kali, masing-masing 3/4 gelas.
Kanker
Siapkan daun cermai yang masih muda sebanyak 1/4 genggam, daun belimbing 1/3 genggam, bidara upas 1/2 jari, gadung cina 1/2 jari, gulau enau 3 jari, dicuci lalu dipotong-potong seperlunya. Bahan-bahan tadi lalu direbus dengan 3 gelas air bersih sampai tertinggal 3/4 bagian. Setelah dingin disaring, siap untuk diminum. Sehari 3 kali, masing-masing cukup 3/4 gelas.
Melangsingkan badan
Minum air rebusan daun cermai. Obat ini bekerja kuat, jangan mengkonsumsi dalam jangka waktu lama karena efek dari kandungan daun cermai bekerja sangat kuat. Gunakan sesekali saja.
CATATAN : Cairan akar beracun. Sebaiknya tidak menggunakan akar cermai untuk pengobatan.(meraihsehat.com)

Khasiat Buah Sawo

Kemaren dah kita bahas khasiat buah semangka, sekarang kita coba megupas khasiat buah sawo. so let’s cekidot.
Buah Sawo atau Saos ternyata baik juga untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Maka tak heran, kini buah sawo makin banyak dijual dengan kemasan jus. Tak hanya itu, sawo ternyata juga bisa menyembuhkan beberapa penyakit. Mau tahu manfaat lain dari buah sawo? Buah ini mujarab mengatasi sembelit dan diare.
Kandungan serat di dalam sawo juga cukup tinggi sehingga sangat baik untuk mengatasi gangguan pencernaan seperti sembelit dan diare. Gula sederhana di dalam sawo mampu memulihkan energi secara cepat. Sawo juga bisa minimalkan risiko kanker pencernaan, karena buah ini punya kemampuan mengikat karsinogen di dalam saluran pencernaan.
Selain buahnya yang lezat disantap, sawo ternyata juga memiliki khasiat untuk mengatasi beberapa penyakit .
A. Mengerem Diare
Ambil 1 buah sawo muda, cuci sampai bersih. Sawo diparut, lalu diperas dan disaring. Bila perlu, tambahkan sedikit air matang.
Silakan minum 2 kali sehari. Bisa juga menggunakan daun sawo. Sediakan 1 mangkok daun, lalu cincang dalam 2 gelas air bersih selama 15 menit. Nah, air rebusan ini diminum 3 kali sehari.
B. Menyembuhkan Radang Mulut
Ambil 1 mangkok daun sawo, lalu cincang dalam 2 gelas air bersih selama 10 menit. Pakai air hasil rebusan untuk berkumur.
C. Mengobati Disentri
Ambil 8 buah sawo muda, cuci bersih. Kunyah-kunyah halus dengan garam secukupnya. Sedikit demi sedikit ditelan, lalu minum air hangat. Lakukan 2 kali sehari hingga sembuh.

Sejuta Khasiat Buah Kelapa

Pohon kelapa sangat banyak tumbuh di Indonesia, baik di daerah dataran tinggi maupun dataran rendah, dengan kondisi ini negara kita tidak pernah kekurangan stok buah kelapa, bahkan sakin terlalu banyaknya kita sampai harus meng-ekspor, hasil dari olahan dari buah kelapa ini. Nah tahukah anda bahwa buah kelapa juga punya khasiat dalam mengatasi berbagai penyakit, nah disini akan saya beritahu khasiat buah kelapa, didapat dari berbagai sumber
1. Keracunan
Bahan: 1 butir kelapa hijau;
Cara membuat: dilubangi ujungnya;
Cara menggunakan: Airnya diminum sampai habis.
2. Sakit panas dalam
Bahan: 1 butir buah kelapa hijau dan 1 butir telor ayam kampung mentah;
Cara membuat: buah kelapa dilubangi ujungnya, telur ayam kampung yang masih mentah dipecah dan dibuang kulitnya, kemudian dimasukan ke dalam buah kelapa tersebut;
Cara menggunakan: diminum pada siang hari.
3. Sakit panas
Bahan: 1 gelas air kelapa muda dan 1 sendok madu;
Cara membuat: kedua bahan tersebut dicampur dan diaduk sampai rata;
Cara menggunakan:
Untuk dewasa: diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.
Untuk balita: 2 kali sehari, 1/2 cangkir the;
4. Demam berdarah
Bahan: 1 butir buah kelapa dan 1 butir jeruk nipis;
Cara membuat: buah kelapa dilubangi ujungnya, jeruk nipis diperas
untuk diambil airnya, kemudian air jeruk nipis dimasukan ke dalam buah kelapa dan diaduk sampai merata;
Cara menggunakan: diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.
5. Kencing batu
Bahan: 1 butir buah kelapa hijau dan 1 butir telur ayam kampung mentah;
Cara membuat: buah kelapa dilubangi ujungnya, telur ayam kampung yang masih mentah dipecah dan dibuang kulitnya, kemudian dimasukan ke dalam buah kelapa tersebut.
Cara menggunakan: diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.
6. Mengurangi sakit waktu haid
Bahan: 1 gelas air kelapa hijau dan 1 potong gula aren;
Cara membuat: Kedua bahan tersebut dicampur dan diaduk sampai merata;
Cara menggunakan: diminum 2 kali sehari 1 gelas, pagi dan sore, selama 3 hari berturut-turut.
7. Influenza
Bahan: 1/4 butir buah kelapa dan 1 rimpang kencur sebesar ibu jari;
Cara membuat: buah kelapa dan kencur diparut, kemudian kedua bahan tersebut dicampur merata, ditambah 1 gelas air masak dan diperas untuk diambil airnya;
Cara menggunakan: diminum 1 kali sehari.
8. Morbili
Bahan: 2 helai daun kelapa kering, 1/2 genggam daun korokot, 1/2 rimpang dringo bengle, 1/2 genggam daun petai cina, adas pulawaras secukupnya;
Cara membuat: semua bahan tersebut ditumbuk bersama sampai halus;
Cara mengunakan: digunakan sebagai bedak untuk seluruh tubuh si penderita.
lanjutan: sejuta khasiat buah kelapa (2)
Pohon kelapa sangat banyak tumbuh di Indonesia, baik di daerah dataran tinggi maupun dataran rendah, dengan kondisi ini negara kita tidak pernah kekurangan stok buah kelapa, bahkan sakin terlalu banyaknya kita sampai harus meng-ekspor, hasil dari olahan dari buah kelapa ini. Nah tahukah anda bahwa buah kelapa juga punya khasiat dalam mengatasi berbagai penyakit, nah disini akan saya beritahu khasiat buah kelapa, didapat dari berbagai sumber
9. Mengusir cacing kremi
Bahan: 1/4 butir buah kelapa dan 1 buah wortel;
Cara membuat: buah kelapa dan wortel diparut, kemudian kedua bahan tersebut dicampur, ditambah 1 gelas air, diperas dan disaring;
Cara menggunakan: diminum malam hari menjelang tidur.
10. Sakit gigi berlubang
Bahan: tempurung (batok)
Cara membuat: tempurung kelapa dibakar dan minyak yang keluar di pinggir api diambil dengan kapas dan digulung sebesar lubang gigi;
Cara menggunakan : dimasukan ke dalam lubang gigi yang sakit.
11. Ubanan
Bahan: 1/2 butir buah kelapa tua , air buah kelapa itu sendiri;
Cara membuat: buah kelapa diparut dan diperas dengan air kelapa itu sendiri untuk diambil santannya; kemudian air santan tersebut diberi garam secukupnya dan diaduk sampai merata, kemudian
diembunkan semalam di luar rumah;
Cara menggunakan: Sebagian dari santan tersebut dipergunakan untuk mengurut bagian yang beruban dan dibiarkan 10 -15 menit, sebagian santan lagi dipergunakan untuk keramas secara teratur 3 hari sekali.
12. Ketombe
Bahan: 1/2 butir buah kelapa tua dan 1/4 buah nanas, 1 butir jeruk nipis, 11/2 gelas air kelapa itu sendiri;
Cara membuat: buah kelapa dan nenas diparut untuk diambil airnya, kemudian semua bahan tersebut dicampur sampai merata dan disaring;
Cara menggunakan: dipergunakan untuk keramas 5 hari sekali.
13. Luka Bakar
Bahan: Air Kelapa, Kunyit,Air kapur Sirih
Cara membuat: Jika air kelapa muda dicampur dengan sejumput bubuk kunyit dan air kapur sirih dalam ukuran sama merupakan obat luka bakar dan meniadakan rasa panas pada telapak kaki dan tangan.
14. Kaki Pecah-pecah, Obat Luka dan Eksim
Bahan: Air Kelapa, Segenggam Beras
Cara membuatnya: Rendamlah segenggam beras dalam air kelapa muda bersama tempurungnya sampai beras terasa asam karena peragian, kemudian beras digiling menjadi bubuk halus. Tepung beras tersebut digunakan dengan dioleskan setiap hari selama 3-4 hari pada bagian tubuh yang sakit
15. Jerawat
Bahan: Air Kelapa, 25 gram pasta kunyit, 3 sendok teh bubuk cendana merah
Cara membuat: erawat membandel dapat diobati dengan campuran 25 gram pasta kunyit dengan segelas air kelapa, lalu dibiarkan selama semalam suntuk, kemudian tambahkan 3 sendok teh bubuk cendana merah. Aduk-aduklah semua bahan tersebut sampai rata, kemudian disimpan lagi tanpa terganggu selama 3 hari. Saringlah ramuan tadi dengan tiga lapis kain kasa. Simpan sari tadi dalam botol, dan oleskan pada muka dua kali sehari hingga jerawat lenyap.

Cara Atasi Ketombe dengan Tanaman Obat

Ketombe merupakan suatu pertumbuhan berlebihan kulit kepala tanpa peradangan. Gejala ketombe secara umum adalah adanya sisik-sisik putih pada kulit kepala, gatal, dan bisa juga disertai kerontokan rambut. Gejala kelainan yang muncul dapat bervariasi antar individu.
Disini ada beberapa Racikan bahan alami atau tanaman obatyang berguna untuk mengatasi ketombe:
1.Minyak kelapa
Tuang 1 sendok teh minyak kelapa di rambut, kemudian lakukan pemijatan lembut secara merata. Diamkan 15′, kemudian bilas dengan sampho lembut, bila sampho yang keras akan melucuti kandungan minyak alami rambut kita. Lakukan perawatan satu minggu sekali.
2. Mayonese
Ratakan the pure mayonese pada rambut dan kulit kepala dengan kedua tangan. Bungkus rambut dengan handuk selama 15-20′. Keramas dengan sampho lembut hingga bersih.
3. Cuka apel
Asam pada cuka apel bisa menghilangkan minyak dan lemak. Jika masalah ketombe karena kulit kepala yang berminyak, gunakan cuka apel setiap kali selesai keramas. Campur 1/2 cangkir cuka ke dalam 1/4 cangkir air. Tidak perlu membilas, karena cuka tidak akan merusak rambut kita.
4. Teh chamomile
Teh ini membuat kulit kepala tetap lembab dan sehat. Seduh 3 kantung teh dengan air yang mendidih. Biarkan teh terendam salama 5′ kemudian angkat kantung teh. Kemudian keramas dengan air teh yang masih hangat untuk membilas rambut.
5. Lidah buaya
Ambil 1 gumpal gel lidah buaya. Gosok pada kulit kepala hingga rata. Diamkan 10′, kemudian bersihkan kepala.
6. Nanas
Bahan:
100 cc Air perasan jeruk purut
200 cc Air nanas
100 cc Santan kelapa
Cara pembuatan:
1. Campurkan semua bahan jadi 1.
2. Masukkan dalam wadah tertutup.
3. Gunakan sebagai shampo 3-4 kali seminggu.
Untuk resep dari buah mengkudu, simak resep Prof. H. M. Hembing Wijayakusuma dalam bukunya, Ramuan Lengkap Herbal Taklukkan Penyakit:
7. Mengkudu
Bahan 2-3 buah Mengkudu matang
Cara pembuatan:
1. Bersihkan buah mengkudu, lalu parut. Tambahkan sedikit air, aduk rata, lalu oleskan pada kulit kepala sambil pijat perlahan.
2. Oleskan lagi hingga merata, biarkan mengering, lalu bilas dengan air hingga bersih.
3. Lakukan 3 kali seminggu hingga gatal dan ketombe menghilang.
Sebenarnya, banyak produk instan yang mudah memakainya ada di pasaran, namun bila salah satu dari bahan di atas ada dan kita punya waktu dan kemauan kuat, tidak ada salahnya untuk dicoba bukan! Apapun ramuan anti ketombe yang ada akan tidak berarti apa-apa jika kita melakukannya tidak secara sungguh-gungguh. Tunggu apalagi, jangan biarkan si putih yang menjengkelkan itu bersarang di kepala.

Daun Anyang-anyang Obat Biang Keringat

Daun anyang-anyang bisa digunakan baik pada bayi ataupun pada orang dewasa.
Biang Keringat adalah ruam kulit yang disebabkan tersumbatnya kelenjar-kelenjar peluh pada dada, ketiak, lilitan pinggang, lipatan paha, dan punggung.
Gejala biang keringat adalah dengan timbulnya bintik-bintik putih atau merah pada kulit yang menimbulkan rasa gatal, terutama di dada, di leher, dan di punggung yang tertutup pakaian.
Cara Mencegah Timbulnya Biang Keringat
* Jika terjadi pada bayi, mandikan bayi dengan teratur, 1 atau 2 kali setiap hari.
* Gunakan pakaian yang longgar dan mudah menyerap keringat, seperti katun.
* Perbaiki sirkulasi udara pada ruangan.
Cara Mengobati Biang Keringat
Berikut ini beberapa alternatif untuk mengatasi biang keringat
Bahan:
– Daun Anyang-anyang (secukupnya)
Pemakaian:
Tumbuk daun anyang-anyang hingga halus, kemudoan peras hingga keluar getahnya. Oleskan getah tersebut pada bagian yang terkena biang keringat.
Selain dengan obat tradisional biang keringat diatas, anda juga bisa menggunakan Bedak Salicyl yang dicampur dengan air (seperti bedak dingin).
Tambahan:
Anyang-Anyang
Nama IIlmiah:
(Elaeocarpus grandiflorus J.E. Smith)
Nama Daerah:
Rejasa, Ki Ambit, Maitan, Kemaitan, Raja sor.
Kandungan Kimia:
Anyang-anyang memiliki rasa sangat pahit dan bersifat sejuk. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam anyang-anyang di antaranya minyak terbang, zat samak, dan ubar merah pada bunga. Bagian buahnya mengandung saponin, zat pahit, dan elakorpit.
Semoga Tips Mengatasi Biang Keringat Diatas bisa bermanfaat bagi anda maupun bayi anda yang mengalami biang keringat.
sumber:gerry-tk.blogspot.com

Khasiat Kangkung Ternyata Banyak Sekali!

Sudah sejak lama orang mengenal mitos kangkung bikin ngantuk (jika dikonsumsi dalam jumlah banyak), karena zat besi yang dikandungnya atau karena serat kangkung sukar dicerna. Ternyata, anggapan ini salah!
Kenyataannya, semua daun yang memiliki klorofil mengandung zat besi di setiap inti selnya. Tetapi, kalau kita amati, tidak semua daun berklorofil membuat kita mengantuk, kan? Contohnya bayam, selada, sawi, katuk, dsb. Jadi, Fe atau zat besi bukan penyebab kantuk.
Bagaimana dengan serat kangkung?
Kangkung memang daun yang berserat dan cukup sulit untuk dicerna. Orang-orang selama ini sering beranggapan bahwa serat yang sulit dicerna ini menyebabkan tubuh kita membutuhkan lebih banyak oksigen. Logikanya, oksigen yang menuju kepala akhirnya diserap ke perut dan usus untuk membantu pencernaan kangkung. Tapi, lagi-lagi ini juga bukan penyebab kantuk!
Kangkung atau Ipomoea reptans terdiri dari dua varietas, yakni kangkung darat yang disebut kangkung cina dan kangkung air yang tumbuh secara alami di sawah, rawa, atau parit. Perbedaan antara kangkung darat dan kangkung air terletak pada warna bunga. Kangkung air berbunga putih kemerah-merahan, sedangkan kangkung darat berbunga putih bersih. Perbedaan lainnya terletak pada bentuk daun dan batang. Kangkung air berbatang dan berdaun lebih besar dibandingkan kangkung darat. Warna batangnya juga bebeda. Kangkung air berbatang hijau, sedangkan kangkung darat berbatang putih kehijau-hijauan. Selain itu, kangkung darat lebih banyak bijinya daripada kangkung air. Itulah sebabnya kangkung darat diperbanyak lewat biji, sedangkan kangkung air diperbanyak dengan menggunakan stek pucuk batang.
Tanaman kangkung berasal dari India, yang kemudian menyebar ke Malaysia, Birma, Indonesia, Cina Selatan, Australia, dan Afrika. Kangkung banyak ditanam di Pulau Jawa, khususnya di Jawa Barat. Kangkung termasuk suku Convolvulaceae atau keluarga kangkung-kangkungan, merupakan tanaman yang tumbuh cepat dan memberikan hasil dalam waktu 4-6 minggu sejak dari benih.
Kangkung memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi. Selain mengandung vitamin A, B1, dan C, kangkung juga mengandung protein, kalsium, fosfor, besi, karoten, dan sitosterol.
Secara farmakologis, kangkung berperan sebagai antiracun (antitoksik), antiradang, peluruh kencing (diuretik), menghentikan perdarahan (hemostatik), dan sedatif (obat tidur).
Beberapa manfaat lain dari tanaman kangkung, yaitu:
* Mengurangi haid
Daun kangkung (kira-kira setengah kilogram) dicuci dan ditumbuk halus. Lalu tuangkan air setengah gelas. Kemudian saring dan tuangkan 1 sendok makan madu. Minum 1 kali sehari sekaligus.
* Mimisan
Seikat daun kangkung yang segar dicuci dan ditumbuk halus. Tambahkan sedikit gula dan seduh dengan segelas air panas. Setelah dingin, saring, minum 2 kali sehari.
* Sakit kepala
Seikat daun kangkung segar direbus dengan 2 gelas air hingga 1 gelas. Kemudian air hasil rebusan tersebut diminum.
* Ambeien
Segenggam akar kangkung dicuci dan direbus dengan 3 gelas air hingga tersisa setengahnya. Setelah dingin, minum setengah gelas sebanyak 2 kali sehari.
* Insomnia
Daun kangkung sering dikonsumsi dalam bentuk tumis kangkung tanpa batang.
* Sakit gigi
Segenggam akar kangkung ditambahkan setengah sendok teh cuka, kemudian direbus dengan 1 gelas air. Gunakan air rebusannya sekaligus 1 kali sehari.
* Melancarkan air seni
Segenggam akar kangkung direbus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Minum air rebusannya sekaligus 1 kali sehari.
* Menghilangkan ketombe
Seikat daun kangkung direndam semalaman hingga airnya berwarna kebiruan. Lalu, keramas dengan air rendaman. Sebaiknya dilakukan setiap hari.
* Sembelit dan mual pada ibu hamil
Ibu hamil dianjurkan untuk sering mengonsumsi tumisan sayur kangkung.
* Gusi bengkak
200 gr akar kangkung dicuci bersih, lalu direbus dengan 200 cc air dan 200 cc cuka. Setelah hangat, air rebusan itu digunakan untuk kumur-kumur. Lakukan hal tersebut berulang-ulang.
* Kapalan
Bagian kulit yang menebal diolesi dengan getah kangkung dan lakukan setiap hari.
* Kulit gatal karena eksim
Daun kangkung segar dicuci, lalu direbus dengan air secukupnya sekitar 5 menit. Setelah hangat, pakai untuk mencuci bagian yang sakit. Lakukan setiap hari.

Khasiat Seledri

Khasiat Seledri
Seledri tidak hanya untuk darah tinggitapi juga banyak manfaatnya.
Tahun-tahun berlalu dalam hidup dan ginjal kita setia menyaring darah
dengan menyaring garam, racun dan zat yang tidak diinginkan masuk ke dalam
tubuh kita. Dengan berjalannya waktu, garam terakumulasi dan ini sebuah
perawatan pembersihan sangat diperlukan. Bagaimana kita bisa melakukannya?
Caranya sangat mudah, cukup dengan daun seledri gan
Berikut ini caranya
Pertama, ambil seikat daun seledri (parsley/malli
leaves/kothimbir/dhaniya) dan cuci sampai bersih.
Kemudian potong kecil-kecil dan masukkan ke dalam panci berisi air. Rebus
selama sepuluh menit dan dinginkan. Kemudian saring, masukkan ke dalam
botol yang bersih dan masukkan ke dalam kulkas.
Minum satu gelas setiap hari dan Anda akan melihat bahwa semua garam dan
racun yang menumpuk akan keluar melalui air seni. Anda juga akan merasakan
sebuah perbedaan dalam tubuh yang belum pernah Anda rasakan sebelumnya.
Daun seledri dikenal sebagai bahan pembersih yang terbaik untuk ginjal dan
ini adalah sebuah cara yang alami!
Selain itu, daun seledri jg bisa mencegah penyakit seperti :
- Reumatik
– Mata Kering (XEROFTALMIA)
– Tekanan darah Tinggi
– Batuk
– Alergi dan lain-lain
- Reumatik :
Potong 1 genggam daun dan batang seledri kecil-kecil, lalu rebus dalam 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan air saringannya diminun sekaligus
- Mata Kering :
Makan daun seledri sebagai lalapan segar bersama-sama dengan makan nasi. Lakukan tiap hari. Cuci daun seledri, daun bayam dan daun kelor (Moringan oleifera lamk.) masing-masing 1/3 genggam sampai bersih, lalu giling sampai halus. Tambahkan garam dapur seujung sendok tea dan ¾ cangkir air masak. Remas campuran ini sampai rata, kemudian peras dan saring. Minum air perasannya sekaligus, lakukan 3 kali sehari.
- Tekanan Darah tinggi :
Cuci 100 gr seledri seutuhnya sampai bersih, lalu tumbuk sampai halus. Tambahkan 1 cangkir air, lalu peras dan saring. Selanjutnya tim sampai mendidih. Setelah dingin, bagi untuk 2 kali minum, pagi dan siang hari. Atau cuci 16 batang seledri seutuhnya sampai bersih dan potong-potong secara kasar, lalu masukkan ke dalam panic email. Tambahkan 2 gelas air bersih lalu rebus sampai airnya tersisa ¾ nya. Setelah dingin, airnya diminum dan seledrinya dimakan. Lakukan 2 kali sehari, masing-masing separuhnya.
- Bronkitis :
Cuci 60 gr seledri segar, 10 gr kulit jeruk mandarin kering dan 25 gr gula aren sampai airnya tersisa separuhnya. Setelah dingin saring dan air saringannya dibagi untuk 2 kali minum, pagi dan sore hari, masing-masing ¾ gelas.
- Batuk :
Cuci 30 gr seledri segar seutuhnya, lalu potong-potong seperlunya. Selanjutnya rebus dalam 3 gelas air bersih. Setelah dingin, saring dan tambahkan madu secukupnya. Gunakan ramuan ini untuk 2 kali minum, pagi dan sore hari.
- Kolik :
Sediakan 60 gr seledri segar seutuhnya, 1 ruas jari tangan jahe merah dan sepotong gula aren. Cuci bahan-bahan tersebut dan potong-potong seperlunya, lalu rebus dalam 2 gelas air bersih sampai tersisa separuhnya. Setelah dingin, saring dan air saringannya diminum sekaligus.
- Sebagai penyubur rambut :
Cuci 7-10 tangkai daun seledri sampai bersih, lalu tumbuk halus. Setelah dikeramas, gosokan tumbukan daun seledri tersebut ke kulit kepala dan rambut secara merata sambil dipijat ringan. Setelah selesai, bungkus rambut dengan handuk selama kurang lebh 1 jam. Selanjutnya, bilas rambut dengan air bersih. Lakukan seminggu sekali.
Segitu dulu gan tips kesehatan dari, selamat mencoba dan sayangi kesehatan Anda” semua…semoga bermanfaat
Sumber:kaskus.us

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Berbagai Penyakit

Jeruk Nipis ternyata tidak hanya di gunakan untuk mengatasi kolesterol, batuk dan radang tenggorokan saja, tapi bisa digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit. oke langsung aja kita cek penyakit apa sajakah itu :)
1. Amandel
Bahan : 1 buah jeruk nipis, 1 1/2 rimpang kunyit sebesar ibu jari
diparut dan 2 sendok makan madu;
Cara membuat : jeruk nipis diperas untuk diambil aimya, kunyit
diparut dan diperas untuk diambil airnya, kemudian dioplos dengan
madu dengan ditambah 1/2 gelas air, diaduk sampai merata, dan
disaring;
Cara menggunakan: diminum 2 hari sekali secara teratur.
2. Malaria
Bahan: 1 buah jeruk nipis, 1 sendok makan kecap, garam
secukupnya;
Cara membuat :jeruk nipis diperas untuk diambil airnya, kemudian
dioplos dengan bahan lainnya dan disaring;
Cara menggunakan: diminum tiap pagi menjelang sarapan.
3. Ambeien
Bahan: 2 – 4 potong akar jeruk nipis;
Cara membuat: direbus dengan 1 1/2 liter air sampai mendidih
hingga tinggal 1 liter, kemudian disaring;
Cara menggunakan : diminum setiap sore weara teratur.
4. Sesak Nafas
Bahan: 1 buah jeruk nipis, 2 siung bawang merah, 1 butir telur ayam
kampung, 1 sendok teh bubuk kopi, 1 potong gula batu,
Cara membuat: jeruk nipis diperas untuk diambil airnya, bawang
merah diparut kemudian dicampur dengan bahan lainnya dan
diseduh dengan air panas secukupnya, diaduk sampai merata,
kemudian disaring;
Cara menggunakan: diminum setelah makan pagi secara teratur.
5. Influenza
Bahan: 1 buah jeruk nipis, 1/2 sendok minyak kayu putih, kapur
sirih secukupnya;
Cara membuat: jeruk nipis dipanggang sejenak dan diperas untuk
diambil airnya, kemudian dicampur dengan bahannya dan diaduk
sampai merata, dan disaring;
Cara menggunakan: diminum 1 kali sehari secara teratur.
6. Batuk
a. Bahan: 1 buah jeruk nipis, 1 1/2 sendok kecap, garam
secukupnya;
Cara membuat: jeruk nipis diperis untuk diambil airnya,
Cara menggunakan: diminum secara teratur 1 kali sehari selama
sakit
b. Bahan: 1 buah jeruk nipis, 1/4 sendok tepung biji buah pala, 1
sendok minyak kayu putih;
Cara membuat: jeruk nipis diperas untuk diambil airnya, kemudian
dioplos dengan bahan lainnya sampai merata;
Cara menggunakan: dipakai sebagai bedak dan dioleskan pada
dada dan punggung.
7. Sakit panas
Bahan: 1 buah jeruk nipis, 1/2 sendok minyak kelapa, 1 sendok
minyak kayu putih, 2-4 siung bawang merah yang dihaluskan;
Cara membuat: jeruk nipis diperas untuk diambil airnya, kemudian
dioplos dengan bahan lainnya sampai merata,
Cara menggunakan: dipakai sebagai kompres dan obat gosok untuk
dada dan punggung.
8. Sembelit
Bahan: 1 buah jeruk nipis, 2 – 4 siung bawang merah, 1 sendok
minyak kayu putih, buah asam secukupnya, 2 sendok air masak;
Cara membuat: jeruk nipis diperas untuk diambil airnya, kemudian
dicampur dengan bahan lainnya dan dihaluskan bersama-sama;
Cara menggunakan: dioleskan di seluruh tubuh, terutama di seputar
perut.
9. Telambat datang bulan
Bahan : 1 buah jeruk nipis, 2 rimpang kunyit sebesar ibu jari, kapur
sirih dan garam secukupnya;
Cara membuat: jeruk nipis diperas untuk diambil airnya, kunyit
diparut dan diperas untuk diambil airnya, kemudian semua bahan
tersebut dicampur merata dan disaring;
Cara menggunakan: diminum 1 kali sehari.
10. Perut mules pada waktu haid datang bulan
Bahan: 1 buah jeruk nipis, 1 1/2 rimpang jahe sebesar ibu jari, 3
mata buah asam yang sudah masak, 1 potong gula kelapa;
Cara membuat : jeruk nipis diperas untuk diambil airnya, jahe
diparut, kemudian semua bahan tersebut dicampur dan diberi 3/4
gelas air masak dan disaring;
Cara menggunakan: diminum pada hari pertama haid.
11. Disentri
Bahan: 2 potong akar jeruk nipis;
Cara membuat: direbus dengan 2 1/2 gelas air sampai mendidih,
kemudian disaring;
Cara menggunakan: diminum 1 kali sehari.
12. Perut mules
Bahan: 1 buah jeruk nipis, 1 rimpang kunyit sebesar ibu jari;
Cara membuat: jeruk nipis diperas untuk
Ternyata Jeruk nipis banyak manfaatnya!
(sumber:iptek.net.id)

Tanaman Untuk Mengatasi Bau Badan

Ini Untuk Anda yang bermasalah dengan bau badan. Bau badan berlebih membuat kita jadi menjadi tidak percaya diri (pede) saat harus berkumpul dengan teman-teman kita, nah sebetulnya banyak tanaman asli indonesia yang bisa di jadikan sebagai tanaman obat atau deodoran untuk menghilangkan bau badan tadi, berikut ini adalah 10 tanaman obat penghilang bau badan.
1. Daun sirih : Sudah sejak lama dikenal berkhasiat sebagai antiseptic jugha mengandung zat-zat aktif yangt mampu mengusir bau badan yang disebabkan oleh bakteri atau jamur. Mengandung bahan kimia di dalam minyak atsirinya : al. kadinen, kavikol, seneol, eugeol, karvakol dan zat samak.
Cara pakai : Beberapa helai daun sirih direndam dalam air panas, setelah dingin airnya diminum. Atau daun sirih dihaluskan bersama kapur sirih lalu di oleskan di Catty (ketiak)
2. Daun Bluntas : Biasa ditanam sebagai tanaman pagar dan mempunyai sifat khas berbau langu dan rasanya getir. Daun dan bunga bluntas mengandung alkali yang bertindak sebagai antiseptic. Kandungan kimia al. amino (leusin, isoleusin, triptofan, treoin), lemak, kalsium, fosfor, besi, vitamin A dan C.
Cara Pakai : dimakan sebagai lalap mentah atau dikukus, boleh juga minum rebusan airnya.
Efek samping : dapat menurunkan suhu tubuh dan mendinginkan badan, dengan begitu banyak keringat yang keluar dan suhu tubuh menjadi turun.
3. Daun kemangi : Mengandung antiseptic
Cara pakai : Dilalap mentah, biasanya menjadi pelengkap lalap pecel lele.
Efek samping : meningkatkan selera makan. Jika dikonsumsi 1 genggam pagi dan sore selama masa haid maka BB yang sering menghinggapi perempuan haid akan berkurang.
4. Rimpang Temulawak : Kandungan kimia al. sapomin, flavioinoida dan minyak atsiri
Cara Pakai : minum rebusan rimpang temulawak yang telah diiris halus, air perasan temulawak parut yang ditambahkan sedikit madu. Parutan rimpang temulawak dapat juga dibalurkan keseluruh tubuh hingga mengering.
5. Bunga Kecombrang (Nicolaia sp.) : menganduing Sapomin, flavoinoida dan polifenol
Cara Pakai : daun muda dan bunga di masak dan dimakan sebagai teman lauk. Di daerah tertentu dimasak sebgai sayur lodeh
6. Jeruk Purut
Cara pakai : Minum sari campuran kulit jeruk purut dengan sebatang kencur dihaluskan bersama dengan air secukupnya
7. Jeruk Nipis
Cara pakai : Air perasan jeruk nipis dicampur kapur sirih dibalurkan di ketiak
8. Jahe (zingiber Officinale) : Sebagian besar orang India percaya kalau rajin mengkonsumsi Jahe bisa membuat badan sesorang menebarkan aroma sedap. Menurut Pen Chao Cing dari kaisar Shen Nong (3000 SM), jahe segar dapat dapat menghilangkan bau badan sekaligus mendekatkannya pada aura spiritual
Cara pakai : diminum sebagai Wedang jahe
9. Ketimun/mentimun (Cucumis sativus)
Cara pakai : Sari buah ketimun muda digosokkan ke ketiak setiap habis mandi
10. Cengkeh (Uegenia aromatica)
Cara pakai : beberapa kuntum bunga cengkeh direndam sehingga mengembang kemudian airnya diminum.
Efek samping : Air rebusan beberapa kuntum cengkeh dicampur gula merah dapat pula menjadi minuman segar dan menghangatkan dikala hujan.
Semoga bermanfaat.
adityaperdana.web.id

Khasiat Daun Sambiloto

Ternyata selain untuk prostat, sambiloto bisa juga digunakan untuk berbagai macam penyakit.
nah dibawah ini akan di jabarkan sedikit apa itu Sambiloto dan manfaatnya yang dikutip dari situs kambing.ui.ac.id
Tanaman obat ini termasuk familia Acanthaceae. Tanaman sering ditemukan tumbuh liar di tempat terbuka, seperti tepi jalan, ladang, atau tanah kosong yang terbengkelai, juga di pekarangan. Daerah penyebarannya dari dataran rendah sampai ketinggian 700 m di atas permukaan laut.
Untuk pengembangbiakannya cukup mudah, petik buah yang sudah tua, ambil bijinya, dan semaikan.
Nama lain : papaitan (Sumatera), ki oray, ki peurat, ki ular, takilo, bidara, sadilata, sambilata, takila (Jawa)
Tanaman ini mengandung : Laktone: deoxy-andrographolide, andrographolide, 14-deoxy-11, neoandrographolide, 12-didehydroandrographolide, dan homoandrographolide. Flavonoid: alkane, ketone, dan aldehyde.
Kegunaan :
Tipus: Petik 10-15 lembar daun sambiloto segar. Tambahkan air secukupnya dan rebus hingga mendidih. Untuk mengatasi rasa daun yang amat pahit, sewaktu meminum dapat dicampur dengan madu.
TBC paru-paru: Daun sambiloto segar dikeringkan, lalu digiling halus hingga menjadi bubuk. Setelah itu, ditambah sedikit madu dan dibuat bulatan-bulatan pil berdiameter sekitar 0,5 cm. Sebaliknya pil ini diminum dengan air matang 2-3 kali sehari. Sekali minum dapat 15-30 pil.
Batuk rejan atau pertusis: Tiga lembar daun sambiloto diseduh dengan air panas dan tambahkan sedikit madu. Minum larutan ini 3 kali sehari.
Kencing nanah: Petik 3 batang sambiloto berikut daun-daunnya. Cuci bersih lalu rebuslah dengan 4 gelas air minum hingga tersisa 2,25 gelas saja. Dinginkan air terlebih dahulu, baru disaring. Jika hendak diminum tambahkan madu seperlunya. Lakukan 3 kali sehari masing-masing 3/4 gelas.
Demam: Daun sambiloto segar ditempelkan ke badan atau dahi penderita.
Penambah nafsu makan: Siapkan daun sambiloto 10 helai. Selain itu, siapkan pula kulit dan batang tanamannya sebanyak 50 g. Bahan-bahan ini dicuci hingga bersih, kemudian rebus dengan 3000 cc air. Airnya cukup diminum segelas sehari. Untuk menghilangkan rasa pahit dapat ditambahkan sedikit madu.
Hidung berlendir, sakit gigi: Sebanyal 9-15 g tanaman segar direbus dan lainnya diminum. (2)
Obat tetes telinga: Tanaman segar dilumatkan dan diperas airnya. Teteskan air tersebut ke telinga. (mrd)
Semoga artikel ini bermanfaat buat Anda
sumber: kambing.ui.ac.id

Tanaman Obat untuk Prostat


Radang Prostat terjadi akibat perubahan hormonal dihidrotestosterm dalam jaringan kelenjar prostat yang meningkat pada usia dewasa. Peningkatan hormon tersebut umumnya karena pertambahan usia serta fungsi penguraian yang berkurang sehingga ukuran prostat terus bertambah , akibatnya susah kencing, air kencing yang dikeluarkan akan menjadi sarang bakteri yang berakhir pada radang prostat.
Penyakit Prostat adalah sebuah kelenjar pada pria yang terletak pada pangkal zakar, mengelilingi leher kandung kemih dan urethra (saluran kemih bagian luar).
Beberapa tanaman obat asli Indonesia, mampu memperbaiki bahkan menyembuhkan gangguan prostat. Contohnya, paduan sambiloto dan akar alang-alang. Ramuan tradisional Cina juga diyakini mampu mengatasi radang dan pembesaran kelenjar prostat. Buku Prescription Beneficial to Life, yang diterbitkan pada tahun 1253 oleh Yan Yung-hou, memuat beberapa resep klasik untuk mengatasi gangguan prostat.
Berikut ramuan untuk mengatasi radang dan pembesaran prostat.
1. Bahan: 10-15 gr sambiloto, 60 gr akar alang-alang
Pemakaian: Rebus semua bahan dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc.
Saring, minum dua kali sehari, masing- masing 150 cc.
2. Bahan: 60 gr krokot segar, 30 gr pegagan, 15 gr daun dewa
Pemakaian: Rebus semua bahan dengan 800 cc air hingga tersisa 400 cc.
Saring, minum dua kali sehari, masing-masing 200 cc.
3. Bahan: 15 gr benalu teh, 5 lembar daun sambung nyawa, 5 gr temulawak
Pemakaian: Rebus semua bahan dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas, lalu saring dan endapkan.
Minum dua kali sehari, masing-masing setengah gelas sesudah makan.
4. Bahan: 10 gr sang piao xiao, 8 gr ren sen, 6 gr dang gui,
6 gr yuan zhi, 6 gr fu shen, 12 gr gui ban, 6 gr shan yao, 3 buah da zao, 6 gr gan cao, 6 gr shan zhu yu
Pemakaian: Rebus semua bahan dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas.
Minum dua kali sehari, masing-masing segelas. Bahan bisa direbus ulang sekali lagi.
5. Bahan: 20 gr rehmannia glutinosa, 10 gr ubi jalar cina, 10 gr dogwood tree, 6 gr alisma plantago, 6 gr tuckahoe, 6 gr tree peony, 3 gr kayu manis, 10 gr achyranthes bidentata, 10 gr plantain, 3 gr aconitum.
Pemakaian: Rebus semua bahan dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Minum dua kali sehari, masing-masing segelas. Bahan bisa direbus ulang sekali lagi.
Catatan: Panci untuk merebus tak boleh berbahan alumunium. Pilih salah satu ramuan dan lakukan secara teratur. Tetaplah berkonsultasi pada dokter atau herbalis berpengalaman.
artikell ini diambil dari id.shvoong.com
Sumber : http://udechi.blogspot.com

1 komentar:

  1. Terimakasih Infonya
    sangat bermanfaat..
    Perkenalkan saya mahasiswa Fakultas Kedokteran di UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA Yogyakarta
    :)

    BalasHapus