Integrasi Kambing dan Buah Tin

Kambing salah satu jenis ternak yang disebutkan dalam Al-Qur'an demikian juga buah tin juga salah satu tanaman yang disebut dalam Al-Qur'an. Keduanya memiliki keunggulan tersendiri. Banyaknya keunggulan ini menjadi peluang besar untuk dibudidayakan dan dikembangkan.

Kambing memiliki beberapa keunggulan dibanding dengan ternak lainnya. Kambing lebih cepat reproduksinya, betina mulai umur 7 bulan sudah bisa mulai dikawinkan, dengan lama bunting 5 bulan atau sekitar 148 hari maka pada umur setahun sudah bisa melahirkan anak pertama. Dua bulan setelah melahirkan sudah dapt dikawinkan kembali. Dalam 2 tahun bisa beranak 3 kali. Dalam setiap kelahiran sering kembar 2 atau 3. Kecepatan dan kemampuan reproduksi lebih tinggi dibanding dengan sapi dan kerbau. Kambing adalah ternak yang disebutkan dalam Al-Qur'an pada urutan ke dua setelah domba. Kotoran  kambing juga memiliki kualitas yang sangat baik dibanding kotoran ternak yang lain bila dijadikan sebagai pupuk tanaman. Untuk pemupukan tanaman buah tin kotoran kambing terbukti bagus.

Buah tin memiliki keunggulan karena selain cita rasa yang lezat juga karena khasiatnya. Di Indonesia sudah banyak petani yang telah mengembangkan buah tin. Penulis sendiri juga telah mengembangkan ratusan batang buah tin dengan beberapa varietas berbeda. Dari pengalaman buah tin cocok dikembangkan. Berbeda degan daerah asalnya, di Indonesia buah tin lebih cepat berbuah biasanya 3-4 bulan sudah mulai berbunga dan berbuah. Buah tin juga berbuah sepanjang tahun tidak mengenal musim seperti didaerah asalnya. Integrasi kambing dan buah tin berpeluang menghasilkan hasil yang lebih baik. 

Buah tin untuk produksi buah biasa ditanam agak jarang. Ini memungkinkan menanam hijauan di antara buah tin. Hijauan ini sebagai sumber pakan bagi kambing. kotoran kambing bisa dijadikan pupuk bagi tanaman buah tin. 

Penulis akan mengintegrasikan kambing dengan tanaman buah tin. Insya Allah dalam beberapa bulan lagi integrasi sudah mulai tertata dengan baik. Mohon doa pembaca semua.SupriyadiPenggembala KambingHP/WA 0852 7257 2011


Tidak ada komentar:

Posting Komentar