Belajar Bertani Dalam Al-Qur'an

Sebagai muslim kita percaya bahwa Al Qur'an adalah petunjuk bagi orang yang beriman, tidak ada keraguan padanya. Tetapi bila bicara tentang diluar masalah agama termasuk pertanian, Al Qur'an belum dijadikan pedoman utama dalam pengelolaan pertanian.


Bila kita kaji Al-Qur'an maka akan banyak kita temukan Al-Qur'an banyak membahas tentang pertanian, peternakan dan perikanan. Dalam Al-Qur'an dibahas unsur utama dalam pertanian antara lain air, tanah, dan tumbuhan itu sendiri. Bagaimana Allah menumbuhkan biji-bijian dan tanam-tanaman. Bagaimana tanaman bisa tumbuh subur, tanah yang subur itu seperti apa, dll. Al-Qur'an juga membahas tentang integrasi tanaman dan ternak. Beberapa jenis tanaman dan ternak juga disebutkan di Al-Qur'an. Setelah dikaji beberapa jenis tanaman dan ternak yang disebutkan dalam Al-Qur'an bila dikaji lebih dalam maka akan banyak kelebihan dibanding dengan jenis lain.

Sebagai muslim mari kita jadikan Al-Qur'an jadi pedoman dalam hidup kita termasuk dalam pertanian dan peternakan. Al-Qur'an diturunkan Allah SWT sebagai petunjuk yang sudah pasti kebenarannya. Bila kita membaca sejarah penerapan Al-Qur'an dalam segala hal termasuk dalam pertanian dan peternakan terbukti berhasil membawa keberhasilan dan kemakmuran. Ketika kita juga menjadikan Al-Qur'an sebagai petunjuk dalam segala hal termasuk di pertanian dan peternakan maka kita juga akan berhasil dan makmur.



Insya Allah penulis akan menulis artikel tentang pertanian dan peternakan yang merujuk pada Al-Qur'an. Mohon doanya agar dimudahkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar