Buah Manis Kerja Keras, Bruce Halle Jadi Miliuner AS

Tak ada yang mudah dalam perjalanan hidup dan bisnis Bruce Halle sampai menjadi miliuner dalam bisnis ritel di Amerika Serikat. Kerja keras telah membawanya sebagai orang paling kaya nomor 488 di dunia versi Majalah Forbes dengan kekayaan mencapai US$ 2 miliar. Ia memiliki jaringan toko ban terbesar dari sisi penjualan. Usaha yang dirintis mulai 40 tahun lalu itu, kini sudah mencapai ratusan toko. Bahkan, Halle menargetkan jumlah gerainya menyentuh angka 1.000.
Bruce Halle lahir di Springfield, Massachusette, Amerika Serikat pada 1930. Saat berusia 18 tahun, ia masuk ke Eastern Michigan University. Namun, baru dua tahun duduk di bangku kuliah, Halle memilih bergabung dengan korps Angkatan Laut untuk bertempur dalam Perang Korea.
Tiga tahun ia ikut bertempur, sebelum akhirnya kembali ke kampus dan menyabet gelar sarjana administrasi bisnis tiga tahun kemudian. "Saya memang selalu ingin kembali dan menyelesaikan kuliah," kata Halle.
Usai merampungkan studinya, ia mencoba pelbagai pekerjaan, mulai dari tenaga lanskaper, janitor hingga penjaga bar. Halle pun pernah menjadi penjual asuransi jiwa. Sebagai agen asuransi, ia banyak bertemu orang untuk menjajakan produk.
Saat itulah, ia bertemu dengan teman semasa SMA dahulu. Dari situ, ia tahu beberapa temannya yang memiliki usaha penjualan ban dan aksesori mobil sedang mengalami kesulitan.
Halle lalu ditawari untuk bergabung dalam bisnis penjualan ban. Walau tak punya cukup uang, ia nekad masuk dengan meminjam uang dari teman SMA yang lain. Dengan uang hasil pinjaman sebesar US$ 5.000, ia mendapat 25% saham toko ban temannya.
Tapi, usaha penjualan ban ini tak sesuai dengan harapan. Halle hanya bertahan dua setengah tahun. Setelah itu, dua temannya memutuskan untuk menghentikan usaha mereka. "Saya mendapatkan 25% aset dan utang, dan mereka memperoleh 75% dari aset dan utang," ungkap Halle.
Walau hasilnya kurang menggembirakan, Halle menyukai bisnis penjualan ban. Oleh karena itu, ia memberanikan diri membuka satu toko sendiri. Pada 1960, Halle membuka toko pertamanya yang bernama Discount Tire di Stadium Boulevard, Ann Arbor, Michigan. Modalnya, berasal hasil pembagian aset yang ia terima.
Waktu itu, Halle bekerja hanya dibantu seorang pensiunan pegawai negeri sipil dengan inventaris berupa empat ban vulkanisir dan dua ban baru. Ia merangkap sebagai teknisi ban, akuntan, dan bagian bersih-bersih.
Sebagai pedagang yang baru membuka toko sendiri untuk pertama kali, Halle mendapat bermacam tantangan. Apalagi, saat itu, dia tidak memiliki kompresor udara. Yang ia punya hanyalah enam ban dan satu tangki udara portabel. Makanya, Halle terpaksa harus berlari ke stasiun pengisian gas terdekat untuk memompa ban, ketika ada orang yang membeli ban-ban yang dijualnya.
Halle yang kala itu berusia 30 tahun berharap, saban hari minimal bisa menjual lima ban sehingga bisa membayar cicilan utang. Terlebih, selain utang, ia juga harus menghidupi istri dan dua anaknya, serta membayar gaji pegawainya. "Saya hanya mencoba bertahan hidup, mencoba membeli roti dan susu, serta membayar sewa," kata Halle dalam wawancara dengan Tire Business.
Kerja keras Halle berbuah manis. Halle bisa membuka toko ban yang kedua dan menambah jumlah pekerja, walaupun dia sendiri masih sering bolak-balik ke kedua tokonya yang berlokasi di Michigan. Pada, 1966, Halle membeli pengganti ban otomatis untuk mempermudah pekerjaan.
Usahanya terus berkembang, 10 tahun kemudian ia sudah memiliki tujuh toko. Bahkan, di 1970, Halle melakukan ekspansi usaha dengan membuka toko di Negara Bagian Arizona. "Dari semua toko tersebut, tiga di antaranya memiliki omzet bagus," kata Halle.
Meski keuntungan tidak merata, Halle sadar betul, begitulah cara bisnis berjalan. Sambil terus membenahi toko keenam dan ketujuh, ia bertahan dulu untuk menstabilkan pendapatan di toko-toko yang sudah ada. Itu sebabnya, ia tidak terburu-buru untuk membuka cabang lagi. (Kontan.co.id), sumber : http://www.suaramedia.com/ekonomi-bisnis/strategi-bisnis/41600-buah-manis-kerja-keras-bruce-halle-jadi-miliuner-as.html

1 komentar:

  1. Jual bibit (cempe) Kambing Boer Super bobot bisa mencapai 100 kg, Peranakan Etawa (PE) Ras Gunung Kawi, Jawa Randu, Domba Merino dan Ekor Gemuk untuk diternak kembali atau untuk usaha bisnis penggemukan. Kami juga jual Kambing & Domba siap potong untuk Qurban & Aqiqah. Hub. Bpk Heru Ketua Pusat Budidaya Kambing & Domba Bejo Utomo - Malang - Jawa Timur. Hp/Wa +6281334272800 website kami di www.malangkambingdombasuper.blogspot.com

    BalasHapus