KAMBING UNGGUL BOERKA : HASIL PERSILANGAN BOER DENGAN KACANG

Kambing Kacang merupakan kambing lokal yang sudah beradaptasi dengan baik pada kondisi tropik basah. Kambing Kacang sangat prolifik, namun disisi lain kambing Kacang memiliki keterbatasan yaitu memiliki bobot tubuh yang relatif kecil. Sementara itu kambing Boer merupakan kambing unggul kambing tipe pedaging yang memiliki bobot tubuh dan laju pertumbuhan yang tinggi.

Loka Penelitian Kambing Potong Sei Putih telah melaksanakan program persilangan Kambing Boer dengan kambing Kacang. Persilangan kedua bangsa ini menghasilkan kambing Boerka dengan bobot tubuh yang lebih besar (dari lahir sampai umur 365 hari sebesar 29.27 sampai 76.28%) dibanding kambing lokal dan potensial untuk dikembangkan di Indonesia.

Boerka dapat dipelihara dengan input sedang, dan dari pengamatan kondisi fisiologiknya melalui pengukuran suhu rektal, frekuensi pernafasan dan denyut jantung, kambing persilangan ini mampu beradaptasi dengan kondisi tropis basah pada daerah dataran rendah. Dengan keunggulan tersebut kambing persilangan ini berpotensi dikembangkan oleh peternak tradisional maupun komersial.

Dengan bobot tubuh jantan umur 1 thn dapat mencapai 25-30 kg, sehingga memenuhi untuk standar ekspor
Bila ingin berinvestasi Kambing Boerka bisa lihat disini
Baca juga yang ini
Pakan Kambing
Parasit Cacing Pada Kambing
Kambing Boer
Jumlah kambing anda selama 28 bulan
Perkawinan Kambing

sumber http://lolitkambing.litbang.deptan.go.id/ind/images/stories/pdf/unggulan_burka.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar