Penyusunan Ransum Pakan Sapi

Meningkatkan produksi daging merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan ketahanan pangan sekaligus memajukan tingkat kecerdasan sumber daya manusia Indonesia.Daging sapi adalah sumber protein hewani yang kontribusinya dalam memenuhi kebutuhan konsumen nasional baru sekitar 23% (Luthan, 2006).
Pogram kecukupan daging 2010 memerlukan upaya terobosan yang efektif serta dukungan yang memadai dari pemerintah dan masyarakat, khususnya yang bergerak di bidang usaha sapi potong. Kondisi peternakan sapi potong saat ini dapat dikatakan “mengkhawatirkan”; dalam kurun 5 (lima) tahun terakhir ini telah terjadi penurunan populasi sebesar 4,10% atau dari 11.137.000 ekor pada tahun 2001 menjadi 10.680.000 ekor pada tahun 2005. Telah banyak usaha yang dilakukan untuk meningkatkan populasi, namun hasilnya belum memperlihatkan dampak yang positip (Yusdja, 2003).

Selain penurunan populasi, produktivitas yang rendah merupakan kendala peningkatan produksi daging  terutama pada usaha sapi potong rakyat. Keterbatasan modal, kurang berwawasan agribisnis serta tatalaksana pemeliharaan yang masih tradisional merupakan penyebab rendahnya produktivitas (dengan tingkat pertumbuhan dibawah 0,5 kg/hari (Utomo et al., 1999)).

Salah satu faktor tata laksana pemeliharaan yang penting dan pengaruhnya cukup besar bagi produktivitas adalah pakan. Selain harus berkualitas, pakan juga harus ekonomis supaya dapat memberikan keuntungan bagi peternak. Didalam tulisan ini akan diinformasikan beberapa permasalahan yang dihadapi oleh peternak terutama tentang tata laksana pakan disertai dengan upaya pemecahan masalahnya melalui teknologi yang aplikatip dengan harapan akan dapat meningkatkan produktivitas ternak.
 Download Buku Penyusunan Ransum Pakan Sapi disini
baca juga Perkandangan Sapi, Gangguan Reproduksi  pada Sapi, Kambing Boer, Kambing Boerka
Investasi Ternak Kambing Boer, Boerka, Boerawa, Bibit Sawit, dan Bibit Karet
sumber http://lolitsapi.litbang.deptan.go.id/ind/images/stories/juknis/ransum%20seimbang.pdf

1 komentar:

  1. sekedar berbagi info
    sedia kerak/dedak wafer khususnya buat pakan sapi
    terimakasih.
    tlp. 089655208168

    BalasHapus