Investasi system murabahah, keuntungan 10 % per tahun

Asslamu ‘alaikum wrwb.
Untuk para Investor, Bos, Juragan dan Saudara semuanya saya ingin menawarkan investasi menarik dengan keuntungan 10%. Investasi ini menggunakan system murabahah yang halal dan sesuai syariah. Dana investasi ini akan digunakan untuk usaha pembibitan sawit, karet dan kambing unggul Boerka dan Boerawa (persilangan kambing Boer dengan Kacang, Boer dan Peranakan Etawa).
Tulisan tentang murabahah bisa dibaca disini  atau disini
Tulisan tentang kambing Boer bisa dibaca disini dan Boerka bisa dibaca disini
 
Penawaran investasi ini 
  1. Investor membelikan bibit sawit unggul, bibit karet unggul, saprodi (pupuk, dll), pejantan kambing Boerka 75 %, induk kambing Kacang, induk kambing Peranakan Etawa. 
  2. Pembelian bisa diwakilkan kepada saya. 
  3. Kualitas barang, kerusakan pada saat pembelian barang dan sebelum penyerahan barang menjadi tanggung jawab investor. 
  4. Setelah barang datang dibuat akad dan saya akan membelinya dan memberikan keuntungan 20 % dari harga beli barang dan akan saya bayar 1 tahun kemudian (harga pokok dan keuntungannya). 
  5. Kedua belah pihak menandatangani akad dan dan kedua belah pihak menyimpan satu buah akad.
  6. Investor yang tinggal diluar kota akad akan saya kirimkan lewat e-mail kemudian diprint 2 lembar, ditandatangani oleh investor, investor mengirim kedua lembar akad untuk diberi materai dan ditandatangani pengelola, satu lembar akad dikirim kembali ke investor satu disimpan pengelola
  7. Pengiriman uang investasi melalui Bank Syariah Mandiri no rek 2777 007283 an. Supriyadi atau ke BRI 5552-01-00-3939-53-7 an. Supriyadi. setelah ditransfer segera sms atau telp.
Keuntungan investasi murabahah
  1.  Resiko investasi ini relative kecil karena investor hanya bertanggung jawab sampai barang diserahkan ke pembeli (pengelola)
  2.  Resiko usaha sepenuhnya tanggung jawab pembeli/pengelola
  3.  Keuntungan yang didapat lebih pasti karena telah disepakati di awal akad jual beli 
  4. Keuntungan lebih tinggi dari keuntungan bila menyimpan dibank dalam bentuk deposito dan tabungan lainnya
Perkiraan Harga Beli Barang
  1. Pejantan Kambing Boerka 75% umur satu tahun Rp.3.000.000,- s/d Rp 3.500.000,- 
  2. Induk Kambing Kacang umur 1 tahun Rp. 800.000,- s/d Rp 1.000.000,- 
  3. Induk Kambing Peranakan Etawa umur 1 tahun Rp. 1.000.000,- s/d Rp 2.500.000,- 
  4. Bibit Karet mata tidur Rp. 4.000,- s/d Rp. 5.000,- 
  5. Kecambah sawit Rp. 8.000,- s/d Rp. 9.000,-
Dengan pertimbangan skala usaha maka ada batasan jumlah investasi sebagai berikut 
  1. Pejantan Kambing Boerka 75% minimal 2 ekor 
  2. Induk Kambing Kacang minimal 5 ekor 
  3. Induk Kambing Peranakan Etawa minimal 5 ekor 
  4. Bibit Karet mata tidur minimal 1000 batang 
  5. Kecambah sawit minimal 250 kecambah
Rencana usaha 2012 
    Untuk sementara saya membatasi investasi ini sebagai berikut :
    1. Bibit Karet maksimal Rp. 25.000.000,- (4000-5000 batang)
    2. Bibit Sawit maksimal Rp. 15.000.000,- (1000-1500 batang)
    3. Bibit kambing Kacang maksimal Rp. 20.000.000,- (10-20 ekor)
    4. Bibit kambing PE maksimal Rp. 20.000.000,- (10-15 ekor)
    5. Bibit kambing Boerka maksimal Rp. 20.000.000,- (5-10 ekor)

    Pembatasan ini terkait kemampuan pengelolaan usaha dan kemampuan menanggung resiko bila usaha ini gagal.

    Sebagai bahan pertimbangan
    1.       Pengelola
    Nama                     : Supriyadi, AMd
    TTL                        : Ponorogo, 21 Februari 1982
    Status                     : Menikah
    Pekerjaan             : PNS (Peneliti Bidang Peternakan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sumatera Barat)
    Pendidikan           : D3 Peternakan IPB Bogor
    Alamat                   : Komplek BPTP Sumbar, Jl Padang-Solok km 40
    Telp                        : 0852 7257 2011
    e-mail                     : supriyadi21@gmail.com
    Blog                       : http://supriyadi-teknologi.blogspot.com/
    No rek.                   : BSM (Bank Syariah Mandiri)  2777 007283 an. Supriyadi 
                                    BRI 5552-01-00-3939-53-7 an. Supriyadi
    Para Investor yang berminat dapat langsung telepon atau kirim e-mail
    Pengalaman Organisasi :
    Ketua Saka Taruna Bumi (1998-1999), Sekretaris UKM Pramuka IPB (2001-2002), Ketua Manggolo Putro IPB (2001-2002), Anggota PSDM Klab Klip Edutainment (2006-2008), Sekretaris IKADI Kabupaten Solok (2009-sekarang), Wakil Ketua Yayasan Mutiara Qur’an Solok (2010-sekarang), Kabid SDM FKPIS Solok (2011-sekarang)
                    Pengalaman Kerja :
    Percetakan (2005-2008), PNS (2008-sekarang), kebun sawit dan karet (2010-sekarang), penelitian peternakan (2008-sekarang)
    2.       Lokasi Usaha
    ·         Untuk Pembibitan Sawit dan Karet di sediakan lahan 1 hektar milik sendiri, di Dharmasraya
    ·         Untuk peternakan kambing disediakan lahan 2 hektar milik sendiri di Dharmasraya
    ·         Telah saya siapkan lahan untuk pengembangan 10 hektar milik sendiri di Dharmasraya
    3.       Alasan kenapa 10%
    Saya ingin memberikan kenyamanan kepada investor dengan resiko yang minim. Usaha ini baru menghasilkan paling cepat 4 bulan dan paling lama 1 tahun, sehingga berat bagi saya untuk mencicil tiap bulan. Maka saya berani membeli dengan harga tinggi/keuntungan 10% dengan tempo satu tahun. Saya sudah melakukan perhitungan analisa usaha ini dan Insya Allah keuntungan lebih dari 10%.
    Kenapa saya tidak memilih system mudarabah/bagi hasil?
    Memang lebih menguntungkan bagi saya system mudarabah/bagi hasil karena keuntungan/kerugian, resiko ditanggung bersama. Tetapi saya tidak ingin mengecewakan para investor bila ada kegagalan usaha akibat salah perhitungan, salah manajemen atau salah dalam pengelolaan usaha saya ini. Saya sudah berterima kasih kepada para investor atas kepercayaan dan kesempatan yang diberikan kepada saya. Bila nanti ada kegagalan dalam usaha ini biarlah menjadi pelajaran berharga bagi saya dan sebagai biaya belajar bagi saya. Semoga Allah Yang Maha Pemurah memberikan kemudahan dan jalan terbaik untuk kita semua.
    4.       Resiko Usaha
    Setiap usaha pasti beresiko dan sebaliknya tidak berusaha juga sangat beresiko. Bila usaha yang saya lakukan ini gagal total atau bangkrut saya akan menjual tanah kebun yang saya miliki, Insya Allah nilainya lebih besar dari total investasi yang saya rencanakan.

    Penutup
    Demikian penawaran investasi yang akan saya laksanakan, atas perhatian dan kerjasama yang baik diucapkan terima kasih. Semoga Allah memberikan kemudahan dan jalan terbaik dalam menjalankan usaha ini.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar